Minggu, 13 Agustus 2017 07:32 WITA

60 Anak Meninggal di Satu Rumah Sakit di India

Editor: Andi Chaerul Fadli
60 Anak Meninggal di Satu Rumah Sakit di India

RAKYATKU.COM - Sebuah rumah sakit di India dituduh gagal memberikan cukup oksigen uang mengakibatkan 60 anak meninggal di bangsalnya dalam lima hari.

Baba Raghav Das Medical College mengatakan bahwa 34 bayi meninggal di unit perawatan intensif neo-natal di rumah sakit, 12 meninggal karena ensefalitis, dan sisanya meninggal karena penyebab yang tidak jelas lainnya.

Media lokal mengklaim bahwa kematian anak-anak itu disebabkan kekurangan oksigen yang terjadi setelah pemasok menarik peralatannya. Sebagai akibat belum dibayarnya tagihan dari rumah sakit.

Orangtua dari setidaknya 35 anak-anak itu mengatakan, pasokan oksigen ke bangsal anak-anak habis pada Kamis malam. Mereka mengatakan bahwa keluarga pasien diberi tas untuk membantu anak-anak bernafas.

"Saat itulah kematian anak-anak memuncak," ujar Mritunjaya Singh, orangtua pasien yang masih dirawat.

Parmatma Gautam, yang keponakannya yang berumur satu bulan, Roshan, meninggal mengatakan bahwa rumah sakit dan pihak berwenang berusaha menutupi kegagalan mereka untuk membayar tagihan mereka tepat waktu.

"Kami melihat bayi kami berjuang untuk bernapas dan kami tidak dapat melakukan apapun," kata Gautam.

Petugas Distrik Rajiv Rautela mengatakan pada hari Sabtu bahwa kematian anak-anak di Gorakhpur, negara bagian Uttar Pradesh, disebabkan oleh sebab-sebab alami.

Dia menyangkal bahwa oksigen yang tidak mencukupi menyebabkan kematian mereka.

Kafeel Khan, seorang dokter rumah sakit, juga mengatakan penyebab kematiannya bukan kekurangan oksigen.

Tags