Sabtu, 12 Agustus 2017 17:10 WITA

Ini Besaran Gaji Pendamping Desa di Sulsel

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Ini Besaran Gaji Pendamping Desa di Sulsel

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pemerintah Sulawesi Selatan siap menyerap ratusan pendamping desa tahun ini. Sedikitnya, masih dibutuhkan 500 pendamping desa di Sulawesi Selatan. Pembukaan pendaftaran pendamping desa ini, rencananya diumumkan pada 21 Agustus mendatang.

Pengumuman ini juga akan melampirkan tata cara dan persyaratan pendaftaran. Pengumuman tersebut nantinya akan dipublikasi pertama kali melalui website Kemendes.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Sulsel, Mustari Soba mengungkapkan, untuk gaji pendamping desa ini beragam, disesuaikan dengan tingkatannya. Ada tiga tingkatan, yakni pendamping lokal desa, pendamping desa, dan tenaga ahli di tingkat kabupaten.

"Kalau pendamping lokal desa itu Rp2,5 juta, pendamping desa Rp3,8 dan tenaga ahli itu sekitar Rp8 Jutaan. Tentu tanggung jawabnya juga berbeda-beda," ungkapnya, Sabtu (12/8/2017).

Mustari menambahkan, persyaratan dasar yang harus dimiliki calon pendamping desa, yakni memiliki pengalaman kerja di bidang pemberdayaan desa selama dua tahun.

Penerimaan pendamping desa ini akan mengutamakan putra daerah, atau asal daerah pelamar. 

"Kita utamakan asal daerah pendaftar. Kalau kosong baru kita ambil dari luar daerah itu," tambahnya.

Untuk komposisi pendamping desa, akan disesuaikan dengan kuota yang diberikan kementerian. Jika banyak, maka satu pendamping lokal desa akan mendampingi satu desa, namun jika kuota nya kurang, satu pendamping lokal desa bisa menangani dua sampai tiga desa. Tetapi saat ini belum ada kuota pasti untuk Sulsel dari Kemendes. 

"Kita lihat nanti, karena itu semua bergantung pada jumlah kuota yang ada," pungkasnya.