12 August 2017 16:54 WITA

Dubai Selangkah Lebih Dekat untuk Layanan Taksi Terbang

Editor: Suriawati
Dubai Selangkah Lebih Dekat untuk Layanan Taksi Terbang

RAKYATKU.COM - Pada bulan Februari, Dubai mengungkapkan rencana untuk bermitra dengan startup Jerman, Volocopter untuk memulai layanan taksi terbang.

Sekarang, pemerintah telah selangkah lebih dekat untuk menerapkan transportasi futuristik tersebut berkat investasi senilai 25 juta euro (Rp394 miliar) di Volocopter. Investasi itu datang dari perusahaan induk Mercedes-Benz, Daimler AG, investor teknologi Berlin, Lukasz Gadowski, dan beberapa perusahaan besar lainnya.

BACA JUGA: Dubai Pecahkan Rekor untuk Mobil Polisi Tercepat di Dunia

"Komitmen finansial yang kuat dari investor baru kami adalah sebuah sinyal sekaligus bukti kepercayaan yang tumbuh di pasar baru untuk kendaraan pengangkut vertikal dan landas vertikal yang dioperasikan secara elektrik, digunakan sebagai taksi udara pribadi," kata Florian Reuter, direktur pelaksana Volocopter.

Kendaraan Volocopter akan bekerja seperti kebanyakan layanan transportasi, yaitu penumpang memesan layanan sesuai permintaan dan kemudian dibawa ke tempat tujuan mereka. 

Perusahaan akan bekerja sama dengan Otoritas Jalan dan Transportasi Dubai (RTA) selama periode pengujian lima tahun untuk taksi udara otonom ini (AAT), yang akan dimulai pada kuartal keempat tahun 2017.

Manfaat mobil terbang atau layanan taksi terbang nampak cukup jelas. Pertama, ini bertujuan untuk menghindari kemacetan lalu lintas di pusat kota yang sibuk. Kedua, Volocopter aman, berkat 18 rotor yang mengangkatnya dari tanah.

Tags