12 August 2017 14:21 WITA

Peringatan HUT RI ke-72 di Parepare Usung Kearifan Lokal

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Peringatan HUT RI ke-72 di Parepare Usung Kearifan Lokal

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Perayaan Hari Ulang Tahun(HUT) Kemerdekaan RI ke-72, biasanya dirayakan dengan berbagai lomba bernuansa kerakyatan semisal Lari karung, balap kelereng, makan kerupuk dan lain-lainnya. Namun berbeda denga yang digelar Pemerintah Kota Parepare.

Dengan mengangkat kearifan lokal daerah, Pemkot Parepare menggelar Lomba Paccarita dengan menggunakan bahasa daerah Bugis. Dalam lomba ini, setiap peserta bisa memilih teknik dalam berbicara, baik dalam bentuk stand up comedy, lawakan, mendongeng, bercerita, dan lain-lain.

Camat Bacukiki, HM Iskandar Nusu mengatakan, adanya  lomba Paccarita dalam perayaan HUT RI ke-72 ini, merupakan salah satu upaya dalam memperkenalkan kembali salah satu kearifan lokal, yang lambat lau terkikis oleh perkembangan zaman.

"Kita ingin mengangkat lagi kearifan lokal yang telah terlupakan, sehingga generasi mendatang bisa tetap mengetahui dan melestarikan budaya lokal terutama Paccarita ini," kata Iskandar Nusu, Sabtu (12/8/2017).

Selain Paccarita , panitia pelaksana juga memggelar jelajah alam Bacukiki, Panjat Pinang, Senam Maumere, Sepak Takraw, Bacukiki Idol (Nyanyi Solo), dan Volly.