Sabtu, 12 Agustus 2017 10:07 WITA

Dampak Narkoba Bagi Pemakai dan Lingkungan 

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Dampak Narkoba Bagi Pemakai dan Lingkungan 

RAKYATKU.COM - Kejatahan narkoba kini tak lagi memandang usia, golongan maupun kelompok. Untuk itu, dibutuhkan peran semua pihak termasuk masyarakat untuk mencegah barang haram tersebut.

Bedasarkan hasil penelitian dan survey yang dilakukan Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Universitas Indonesia (UI), pada tahun 2014 menunjukkan hal yang sangat memprihatinkan. Sedikitnya 12.044 orang mati sia-sia akibat penyalahgunaan narkoba pertahun. 

Ini berarti ada 33 orang setiap harinya meninggal akibat narkoba. Hal ini menunjukan barang haram tersebut sangat berbahaya bagi penggunanya. Bagaimana dampak narkoba bagi pemakai dan lingkungan masyarakat?
 
Akibat negatif narkoba pada diri sendiri adalah:

1.       Kerusakan sistem syaraf
2.       Penuaan dini
3.       Gangguan pencernaan
4.       Gangguan pernafasan
5.       Pengangguran
6.       Kemiskinan
7.       Depresi
 
Akibat buruk dari narkoba bagi mayarakat:

1.       Meningkatnya kejahatan
2.       Meningkatnya kemiskinan
3.       Biasaya penegakan hukum dan pengobatan meingkat
4.       Rusaknya lingkungan
 
Narkoba sangat berbahaya baik bagi diri sendiri maupun bagi masyarakat. bahaya tersebut antara lain adalah:
 
Akibat negatif narkoba pada diri sendiri adalah:
 
1. Kerusakan sistem syaraf
 
Narkoba membuat sel neuron dan sel otak rusak karena senyawa kimia yang ada.  
 
2. Penuaan dini
 
Narkoba seperti methamphetamin menyebabkan kulit mengkerut, gigi keropos, rambut rontoh dan
 
3. Gangguan pencernaan
 
Efek narkoba akan menghambat gerak otot lambung dan mengurangi nafsu makan, akibatnya pencernaan bisa terganggu dan mengakibatkan susah mencerna, mutah-mutah, dan tubuh pengguna narkoba akan menjadi kurus.
 
4. Gangguan pernafasan
 
Narkoba akan menyebabkan relaksasi otot yang bertanggung jawab pada pernafasan sehingga akan susah bernafas.
 
5. Pengangguran
 
Pengguna narkoba akan mengalami susah konsentrasi hingga berbagai penyakit yang menyebabkan mereka tidak bisa bekerja secara normal, sehingga mereka akan kehilangan pekerjan dan menganggur.
 
6. Kemiskinan
 
Pengangguran akibat narkoba akan susah mencari pekerjaan dan akhirnya karena tidak memiliki penghasilan akan menjadi miskin.
 
7. Depresi
 
Penggunaan narkoba akan menyebabkan ketergantungan akan efek euforia dari narkoba, akibatnya bila pengguna mengurangi atau menghentikan konsumsi narkoba, mereka akan mengalami gelisah hingga depresi.
 
Akibat buruk dari narkoba bagi mayarakat:
 
1. Meningkatnya kejahatan
 
Banyaknya pengedar narkoba akan menyebabkan banyaknya kejahatan seperti penyelundupan, pembunuhan dan penyuapan terhadap aparat keamanan.
 
2. Meningkatnya kemiskinan
 
Banyaknya pengguna narkoba akan menyebabkan meningkatnya pengangguran. Karena pengangguran ini tidak bisa produktifdan bekerja, akan timbul kemiskinan dimasyarakat.
 
3. Biaya penegakan hukum dan pengobatan meingkat
 
Banyaknya kejahatan dan orang yang kecanduan narkoba akan mengakibatkan biaya yang diperlukan untuk penegakan hukum dan pengobatan pengguna narkoba akan naik. Ini akan membebani rakyat yang harus membayar pajak untuk membiayai penegakan hukum dan dana kesehatan.
 
4. Rusaknya lingkungan

Pembuatan narkoba secara ilegal akan merusak lingkungan, ini karena biasanya pengedar narkoba akan membuang limbah narkoba ke sungai atau perairan dan akan mencemari perairan ini.