11 August 2017 12:13 WITA

KM Atlantis Tenggelam, 18 Orang Selamat

Editor: Mulyadi Abdillah
KM Atlantis Tenggelam, 18 Orang Selamat
Korban Kapal Motor Atlantik saat dirawat di Kantor Kesehatan Pelabuhan Bajoe, Jumat (11/8/2017).

RAKYATKU.COM, BONE - Sekira 18 orang penumpang Kapal Motor (KM) Atlantik yang tenggelam di Perairan Laut Banda Kepulauan Maluku berhasil diselamatkan dan dievakuasi ke Pelabuhan Bajoe Kabupaten Bone, Jumat (11/8/2017).

Informasi yang berhasil dihimpun, KM Atlantik berangkat dari Pelabuhan Perak Surabaya pada tanggal 24 Juli lalu dengan tujuan ke Maluku. Namun saat berada di tengah laut, cuaca buruk melanda dan mengakibatkan kapal bocor dan tenggelam.

"Awalnya kami sempat berlindung di Wawonie selama dua hari, kemudian kami keluar lagi, cuaca semakin buruk dan mengakibatkan kapal bocor," kata Sis Soemohanto, nakhoda KM Atlantis.

Saat tenggelam di Perairan Banda pada 6 Agustus, mereka hanya menggunakan rakit dan mengapung selama 4 hari 3 malam. Untungnya pada Kamis pagi kemarin, ada kapal yang melintas di perairan itu dan akhirnya menolong mereka dan membawanya ke Pelabuhan Bajoe. Kapal itu adalah KLM Mentari Nanda asal Bone.

"Awalnya kapal tersebut mengira kami rompong dan setelah mendekat kami menjelaskan bahwa kapal kami tenggelam, dan akhirnya memberikan kami tumpangan," tambahnya.

Kepala Basarnas Bone, Andi Sultan mengatakan, pihaknya telah menjemput korban di pelabuhan kemudian dibawa ke Kantor Kesehatan Pelabuhan Bajoe.

"Kita sudah bawa korban ke pusat kesehatan untuk pemeriksaan medis, kemudian korban dijemput oleh pihak perusahaan untuk dikembalikan ke rumah masing-masing," kata Andi Sultan.