Kamis, 10 Agustus 2017 14:12 WITA

Ketika Karyawan Dipaksa Pakai Helm di Dalam Kantor!

Editor: Suriawati
Ketika Karyawan Dipaksa Pakai Helm di Dalam Kantor!
YouTube

RAKYATKU.COM - Umumnya helm digunakan saat mengendarai sepeda motor di jalan. Tapi sebuah kantor pemerintahan di Bihar, India, memaksa stafnya untuk mengenakan helm di dalam kantor. Alasannya adalah untuk tujuan keselamatan karena atap bangunan mulai runtuh.

Sebuah video yang menunjukkan empat pekerja kantor melakukan pekerjaan mereka saat mengenakan helm, mulai beredar di media sosial India bulan lalu. Hal ini memicu diskusi mengenai kondisi kerja yang buruk di negara tersebut.

BACA JUGA: Pria Ini Naik Pesawat untuk Pergi Bekerja Setiap Hari

Hasil penyelidikan mengungkapkan bahwa gedung tersebut telah dinyatakan berbahaya oleh inspektur keselamatan kerja dua tahun yang lalu, namun tidak ada tindakan yang dilakukan untuk memindahkan pekerja ke tempat yang lebih aman.

"Bangunan sudah dua tahun dinyatakan berbahaya dan tidak layak untuk digunakan. Tapi pihak berwenang, tidak menemukan akomodasi alternatif untuk memindahkan kantor," kata karyawan, Amit Kumar Pandey pada wartawan, seperti dikutip Oddity Central.

 

"Situasi telah diperparah akibat hujan karena seluruh bangunan bocor, membahayakan keamanan peralatan kantor dan catatan. Masalahnya telah dikomunikasikan ke perwira senior berkali-kali secara tertulis, tapi sia-sia."

Tapi air yang merembes melalui atap bukanlah alasan mengapa karyawan mulai memakai helm. Bagian atap kerap menimpa kepala mereka dan itu bisa terjadi setiap hari.

"Karena kami tidak bisa absen dari tugas kami, kami memutuskan untuk memakai helm. Banyak karyawan mengalami cedera akibat terjatuhnya plester dari langit-langit."

Setelah video tersebut beredar, pejabat pemerintah setempat mengumumkan bahwa kantor tersebut akan dipindahkan sesegera mungkin. Namun ada laporan bahwa keempat pekerja dalam video telah dikeluarkan karena berbicara dengan media, bukannya mencoba memecahkan masalah secara internal.

Tags