07 August 2017 23:18 WITA

Aliyah: Pengusaha Wajib Perhatikan Buruh dan Keluarganya

Editor: Sulaiman Abdul Karim
Aliyah: Pengusaha Wajib Perhatikan Buruh dan Keluarganya

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Anggota komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham, menjadi pembicara pada dialog penyediaan fasilitas kesejahteraan buruh dalam peraturan perusahaan dan perjanjian kerja bersama, di Hotel Gammara Makassar, Senin (7/8/2017).

Dialog yang diselenggarakan oleh Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia ini dihadiri oleh 60 peserta yang terdiri dari perwakilan serikat pekerja se- Sulsel, para pengusaha dan pemerintah.

Pada kesempatan tersebut, istri dari Ilham Arief Sirajuddin ini menegaskan pentingnya pengusaha untuk memperhatikan dan mengimplementasikan Undang-Undang (UU) Nomor 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan.

"UU tersebut mewajibkan pengusaha untuk menyediakan fasilitas kesejahteraan bagi pekerja buruh dan keluarganya. Fasilitas itu berupa sarana prasarana yang dapat mewujudkan terpenuhinya kebutuhan jasmani dan atau rohani pekerja," ujarnya.

Lebih lanjut, legislator Komisi IX DPR RI yang membidangi tenaga kerja dan kesehatan ini menyebutkan bahwa fasilitas kesejahteraan yang dimaksud meliputi fasilitas ibadah, olahraga, kantin, ruang kesehatan, penitipan anak, perumahan buruh, koperasi juga fasilitas rekreasi.

"Tapi itu juga tergantung kemampuan perusahaan, jika mampu maka itu wajib disediakan," tuturnya.

Menurut Aliyah, jika fasilitas tersebut dipenuhi maka akan berdampak pada produktivitas kerja yang tentunya juga akan menguntungkan perusahaan.

"Selain itu, untuk pemerintah manfaatnya adalah meningkatkan pendapatan pemerintah dari segi pajak, dan dapat mengurangi pengangguran," pungkasnya.

Selain Aliyah, pemateri lainnya yang sempat hadir adalah Direktur Persyaratan Kementerian Ketenagakerjaan RI, S. Junaedah AR, serta Kepala Bidang Hubungan Industrial Provinsi Sulsel, Basir. 

Tags
reses