Sabtu, 05 Agustus 2017 15:55 WITA

Perekrutan Pendamping Desa Kemendes Kembali Ditunda

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Perekrutan Pendamping Desa Kemendes Kembali Ditunda
Ilustrasi pendamping desa. Sumber : Berdesa.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pendaftaran penerimaan pendamping desa sepertinya akan diundur lagi. Pasalnya, perekrutan pendamping desa ini dilakukan pada awal Agustus 2017, namun hingga saat ini belum ada tanda-tanda persiapan telah rampung.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Pemprov Sulsel, Mustari Soba mengungkapkan, hingga saat ini pihaknya masih menunggu keputusan dari pusat, terkait perekrutan pendamping desa.

Awalnya, perekrutan pendamping desa ini dipersiapkan pada Juli lalu, dan mulai dilaksanakan Agustus ini. Namun saat ini pemerintah justru baru mempersiapkan anggarannya.

"Setelah ada revisi dari pusat, baru bisa dilakukan perekrutan, karena anggarannya baru dipersiapkan," ungkap Mustari, Sabtu (5/8/2017).

Bahkan, pihaknya hingga saat ini belum bisa memastikan berapa kuota pendamping desa yang akan diterima untuk setiap wilayah, di Sulsel.

"Kuotanya belum ada. Sebenarnya, rencana persiapan perekrutan ini dilakukan di bulan Juli, tapi karena sampai sekarang belum ada kepastian dari pusat, makanya belum terlaksana," jelasnya.

Sebelumnya Mustari mengungkapkan, saat ini Sulsel setidaknya masih membutuhkan pendamping desa sekitar 500 orang. Mengingat ada 2.255 desa di Sulsel dan baru sedikit pendamping desa diterima. Sehingga hingga kini satu orang pendamping desa harus menangani lebih dari satu desa.

"Kalau bisa, diterima 500 orang (untuk Sulsel). Setidaknya membantu mereka yang sedang mencari kerja, dan mengurangi pengangguran," ujarnya.