Sabtu, 05 Agustus 2017 13:35 WITA

2.000 Pejuang ISIS Masih Berada di Raqqa

Editor: Suriawati
2.000 Pejuang ISIS Masih Berada di Raqqa
INT

RAKYATKU.COM - Sekitar 2.000 militan ISIS diperkirakan masih berada di kota Raqqa, Suriah. Mereka menghadapi perlawanan keras dari pasukan koalisi, dalam operasi untuk merebut kembali kota, yang dikuasai kelompok itu pada tahun 2014.

Brett McGurk, utusan khusus AS untuk koalisi melawan ISIS, mengatakan bahwa kelompok tersebut berjuang untuk kelangsungan hidupnya sendiri dan bahwa para militan kemungkinan akan tewas di kota.

BACA JUGA: Nyamar Sebagai Wanita, Pejuang ISIS Ditangkap Karena Kumisnya

"Hari ini di Raqqa, ISIS berjuang untuk setiap blok terakhir... dan berjuang untuk kelangsungan hidup mereka sendiri," kata McGruk. Kemungkinan besar mereka akan mati di Raqqa."

Saat ini, pasukan telah menguasai sekitar 45% kota Raqqa, sejak operasi dimulai pada bulan Juni. Jika Raqqa berhadi direbut kembali, itu akan menjadi kemunduran besar lain bagi IS, setelah kelompok itu diusir dari benteng utamanya di Mosul, Irak bulan lalu.

BACA JUGA: ISIS Versi Ke-2 Masih Menjadi Ancaman di Irak

Lebih dari 300.000 orang telah kehilangan nyawa mereka dalam enam tahun konflik di Suriah, yang dimulai dengan demonstrasi melawan Presiden Bashar al-Assad sebelum meningkat menjadi perang saudara skala penuh. Sebelas juta orang telah mengungsi akibat pertempuran tersebut.

Tidak jelas berapa banyak warga sipil yang masih berada di Raqqa, namun Perserikatan Bangsa-Bangsa memperkirakan jumlah itu berkisar 20.000 hingga 50.000 orang.

Tags