02 August 2017 14:43 WITA

George Clooney Sumbang Rp30 Miliar untuk Pengungsi Suriah

Editor: Suriawati
George Clooney Sumbang Rp30 Miliar untuk Pengungsi Suriah
George Clooney

RAKYATKU.COM - Aktor Hollywood, George Clooney akan menyumbang $2,25 juta (Rp30 miliar) untuk mensponsori pembukaan tujuh sekolah negeri di Lebanon. Ini akan membantu lebih dari 3.000 anak pengungsi Suriah di luar sekolah untuk kembali bangku pendidikan pada tahun ajaran ini.

Proyek ini diungkapkan oleh mitranya, termasuk Google.org, HP dan United Nations Children's Fund (UNICEF).

BACA JUGA: AS Kecam Penangkapan Dua Oposisi Venezuela

"Ribuan pengungsi Suriah muda berisiko tidak pernah menjadi bagian masyarakat yang produktif. Pendidikan formal dapat membantu mengubahnya. Itulah tujuan kami dengan ini," kata UNICEF, mengutuip pernyataan sang superstar dan istrinya.

"Kami tidak ingin kehilangan seluruh generasi karena mereka memiliki nasib buruk, sebab dilahirkan di tempat yang salah pada waktu yang salah." 

Sementara itu, Menteri Pendidikan Lebanon, Marwan Hamade mengatakan menyambut baik sumbangan itu. Ia mengatakan, "setiap anak diberi akses terhadap pendidikan, dan cara belajar baru, mewakili kehidupan yang berubah menjadi lebih baik. Bantuan hari ini dari Clooney Foundation for Justice (CFJ) merupakan investasi penting bagi generasi mendatang di Lebanon."

BACA JUGA: Dinamai Justin-Trudeau, Bayi Pengungsi Suriah ini Ditemui PM Kanada

Sejak perang sipil Suriah dimulai pada tahun 2011, jutaan keluarga melarikan diri dari zona perang dan banyak anak putus sekolah. Saat ini ada lebih dari satu juta pengungsi Suriah terdaftar di Lebanon, dan sepertiga dari daftar tersebut adalah anak-anak.

Clooney mendirikan CFJ pada tahun 2016 bersama istrinya, yang lahir di Lebanon. Pasangan itu baru saja menyambut kelahiran bayi kembar mereka.

Tags