31 July 2017 14:23 WITA

Sudah Dua Minggu Blanko e-KTP di Pangkep Kosong

Editor: Fathul Khair Akmal
Sudah Dua Minggu Blanko e-KTP di Pangkep Kosong

RAKYATKU.COM, PANGKEP - Blanko KTP Elektronik (e-KTP) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pangkep habis sejak dua minggu terakhir. Hal itu tentu saja menghambat pelayanan perekaman terhadap 49 ribu wajib KTP, yang hingga kini masih belum memiliki e-KTP.

Kepala Disdukcapil Pangkep, Mustari mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan ke Jakarta mengambil jatah 2 ribu keping blanko yang disiapkan untuk Kabupaten Pangkep.

"Sudah saya sampaikan ke bupati, cuma belum diberikan izin ke Jakarta untuk ambil 2 ribu keping blanko yang tersedia untuk Pangkep. Blanko sejumlah itu kemungkinan akan habis dalam satu bulan. Karena sejak 4 bulan terakhir kita sudah mencetak 6 ribu e-KTP," ujar Mustari, Senin (31/7/2017).

Ditambahkan Mustari, aktifitas perekaman e-KTP tidak pernah berhenti setiap hari melayani warga yang ingin merekam e-KTP.

Kepala Disdukcapil Pangkep, Mustari

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan Administrasi Informasi Kependudukan Disdukcapil Pangkep, Rustam mengatakan, selain persoalan blanko, Disdukcapil juga mengalami keterbatasan alat pencetak.

"Sudah beberapa kali saya usulkan ke pimpinan, alat kita sudah sangat tua, sehari paling banyak kita bisa mencetak 100 keping. Kadang, bila sudah banyak, biasanya ada pemberitahuan eror," ungkapnya.

Hingga saat ini kata Rustam, sekitar 6 ribu warga sudah melakukan perekaman, namun belum memiliki e-KTP. Dan 49 ribu yang belum memiliki e-KTP.

Tags