Minggu, 30 Juli 2017 02:30 WITA

Masyarakat Minta Pemekaran Kecamatan Baru di Mamuju

Editor: Andi Chaerul Fadli
Masyarakat Minta Pemekaran Kecamatan Baru di Mamuju

RAKYATKU.COM, MAMUJU - Masyarakat Desa Botteng, Kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat menginginkan pemekaran Desa Botteng menjadi Kecamatan baru, Sabtu (29/7/2017).

Tokoh pemuda dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Belajang Botteng Busman saat menggelar dialog persiapan pemekaran Kecamatan Botteng di Desa Botteng Utara. Dialog ini melibatkan beberapa pihak dari Kerajaan Tomakaka Botteng, anggota DPRD Mamuju, kepala Desa tokoh adat, serta tokoh pemuda.

"Ini kami anggap perlu karena bagaimana Kecamatan Botteng kedepan bisa terwujud," jelas dia.

Diakuinya, pemekaran Botteng menjadi kecamatan baru masih terkendala wilayah.

"Masih ada prasyarat yang belum terpenuhi terkait jumlah Desa. Olehnya kami akan bentuk dua desa lagi yang jumlah penduduknya memadahi," ungkapnya.

Hal senada diutarakan, Rahman, pemangku adat Kerajaan Botteng, dengan dimekarkannya Botteng menjadi kecamatan baru diharap agar kebudayaan di Botteng dapat lebih dikenal.

"Dari segi sejarah, distrik Botteng seharusnya sudah sejak lama menjadi kecamatan, di Mamuju semua distrik sudah menjadi kecamatan," jelas dia.

Ia juga mengapresiasi pemuda Botteng yang mempunyai semangat kembali terkait wacana pemekaran Botteng yang sejak lama ini. "Kami juga berharap dengan pemekaran ini nantinya pendekatan pelayanan masyarakat bisa meningkat," kata dia.

Tags