Senin, 23 Mei 2016 08:09 WITA

Begini Persiapan Pemprov Sulsel Jelang Ramadan

Penulis: Al Khoriah Etiek Nugraha
Editor: Vkar Sammana
Begini Persiapan Pemprov Sulsel Jelang Ramadan
Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu'mang (INT)

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Menjelang bulan ramadan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan terus melakukan persiapan. Terutama, dalam pengawasan stok kebutuhan pokok yang akan meningkat pada ramadan mendatang.

Berdasarkan hasil Rakor pengamanan Bapok pada 8 Mei 2016 lalu, maka pihak-pihak terkait seperti produsen, distributor, agen, kadinda, serta dinas terkait pemprov dan Dinas Prindustrian dan Perdagangan setiap kabupaten/kota diharapkan melakukan antisipasi di masing-masing bidangnya.

Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu'mang mengatakan, ada beberapa penyebab kenaikan harga. Salah satunya peningkatan kebutuhan pada kegiatan keagamaan.

"Permintaan ini kan konstan. Nah kalau sepuluh bulan ini konstan sedangkan jelang lebaran nanti ada kenaikan, boleh jadi itu selisih itu meningkat karena kebutuhan yang meningkat," jleasnya.

Adapun hasil dari kordinasi dari pihak-pihak terkait pengawasahan stok dan harga kebutuhan pokok sebagai persiapan Pemprov menghadapi bulan ramadan, yakni meminta Polda Sulsel untuk menjamin keamanan dan kelancaran pasokan barang antar Kab/kota di Sulsel.

loading...

Kemudian meminta Bulog Divre Sulsel agar mengamankan penyaluran raskin unutk kebutuhan rumah tangga sasaran, serta tingkatkan pengadaan beras/gabah petani untuk stok pangan nasional.

"Kami juga meminta Dinas Pertanian maupun peternakan untuk menyesuaikan produksi, dengan kemungkinan terjadinya kenaikan permintaan, utamanyanya telur, daging cabai, dan bawang merah," kata Agus.

Selain itu, pihak Pemprov juga berkoordinasi dengan pabrik industri kebutuhan pokok, PT pertamina UPMS VII Sulsel, PLN Sulselbar, serta Dinas PErhubunga dan PT Pelindo untuk melakukan antisipasi di bidangnya masing-masing.

Loading...
Loading...