Jumat, 21 Juli 2017 08:31 WITA

Progres Terbaru Jalan Layang Poros Maros-Bone

Editor: Mulyadi Abdillah
Progres Terbaru Jalan Layang Poros Maros-Bone

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah XIII, Bastian Sihombing menyebut progres pembangunan jalan layang poros Maros-Bone (elevated) hingga kini sudah mencapai 54 persen. 

Ditargetkan, proyek ini mampu rampung tepat waktu dari target yang diberikan yaitu Maret 2018 mendatang. Hal itu pun didukung dengan tidak adanya kendala berarti yang dihadapi oleh BBPJN Wilayah XIII untuk merampungkan jalan layang tersebut.

"Tidak ada kendala berarti. Kendalanya hingga hari ini hanya lahan yang harus dibersihkan, karena ada beberapa lahan yang terkena oleh proyek dan harus dibebaskan," ucap Bastian Sihombing, Jumat (21/7/2018). 

Akan tetapi, lanjut Bastian, lahan tersebut tidak perlu dibayar karena lahan itu adalah milik negara meski ada masyarakat atau penggarap yang menempati lahan tersebut. 

"Kita sementara negosiasi dengan penggarap agar mereka keluar dari lokasi tersebut dan tim pendampingan dari Kejaksaan yang mengatasi permasalahan atas tanah yang sementara ditempati oleh masyarakat itu," tuturnya. 

Penggarap tersebut tidak langsung dipindahkan lantaran mata pencahariannya ada di situ. "Ekonominya yang dipikirkan karena mereka penggarap atau bertanam di situ. Pelan-pelan akan  dipindahkan agar bisa hidup di tempat lain," ucapnya. 

Untuk kendala tekhnis semua berjalan lancar, meskipun sebelumnya ada masalah karena ada gua yang harus dipasangkan pancang. "Gua tersebut harus diteliti dulu. Jangan sampai guanya rusak karena gua itu adalah tempat penyimpanan cadangan air. Tapi itu sudah diselesaikan saat dibor tidak mengganggu atau merusak cadang air di sana," pungkasnya.