18 July 2017 15:41 WITA

Ayo Lestarikan Cagar Budaya Luwu Utara

Editor: Fathul Khair Akmal
Ayo Lestarikan Cagar Budaya Luwu Utara

RAKYATKU.COM, LUTRA - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, bekerjasama dengan Dinas Pendidikan menggelar launching Gerakan Menjaga, Merawat, Melestarikan, Melindungi dan Mengawasi (G5M), Benda Cagar Budaya (BCB) dan Kawasan Cagar Budaya (KCB), dan penandatangan MoU tentang Pemuatan Cagar Budaya Luwu Utara pada Pelajaran Sejarah.

Kegiatan ini, dihadiri oleh Staff Ahli Bupati Bidang Pembangunan, SDM dan Kemasyarakatan Jumail Mappile, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Drs Patuang, Kepala Dinas Kominfo Arief Palallo, Sekretaris Dinas Pendidikan Muh Azis serta para tokoh adat dan tokoh masyarakat, di Aula Hotel Bukit Indah, Luwu Utara, Selasa, (18/7/2017).

Sekretaris Disbudpar Lutra yang juga ketua panitia, Magfirani Nassa mengatakan, kegiatan ini sebagai tindak lanjut implementasi proyek perubahan dengan judul 'Jejak-Jejak Bangunan Bersejarah', melakukan inovasi guna mewujudkan pelaksanaan kegiatan yang lebih efektif dan efesien

Bukan hanya itu, juga sebagai upaya mengoptimalkan seluruh potensi sumber daya internal dan eksternal organisasi, dalam mengimplementasikan kegiatannya dan mengidentifikasikan benda-benda cagar budaya dan kawasan cagar budaya yang ada di Luwu Utara, untuk kemudian dilestarikan.

Sementara itu, Jumail Mappile dalam sambutannya mengatakan pentingnya melestarikan cagar dan kawasan budaya yang ada di Luwu Utara, dengan tidak melupakan para leluhurnya dan semakin menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap tanah kelahirannya.

Keberhasilan pembangunan daerah tidak terlepas dari kerjasama seluruh pihak. "Saya berharap agar untuk terus bersama-sama dalam membangun daerah yang kita banggakan dengan terus berinovasi, berintegritas, berdedikasi serta bertanggung jawab dalam menjaga dan melestarikan Kebudayaan yang ada di Luwu Utara," ungkapnya.