18 July 2017 15:06 WITA

Pesan LINE Tidak Dibalas, Istri Ceraikan Suaminya

Editor: Suriawati
Pesan LINE Tidak Dibalas, Istri Ceraikan Suaminya
Foto: Reuters

RAKYATKU.COM - Pernah kah Anda merasa kesal lantaran chat Anda hanya dibaca, tapi tidak dibalas? Nah, karena alasan itulah, seorang wanita asal Taiwan menceraikan suaminya.

Dilansir dari BBC, wanita bermarga Lin tersebut menggunakan indikator "Baca" di aplikasi LINE sebagai bukti bahwa suaminya telah mengabaikannya. History chat di aplikasi tersebut menunjukkan bahwa sang suami telah membuka pesannya, namun tidak pernah membalas satu pun dari mereka.

BACA JUGA: Pasangan ini Akan Gelar Pernikahan Pertama di Antartika

Awal bulan ini, seorang hakim hakim di pengadilan urusan keluarga di distrik Hsinchu memutuskan untuk mendukungnya. Hakim tersebut mengatakan bahwa pesan-pesan yang diabaikan merupakan bukti kunci pernikahan wanita tersebut tidak dapat diperbaiki lagi, dan bahwa dia berhak bercerai.

Menurut hakim, Lin telah mengirimkan pesan LINE pada suaminya selama sekitar enam bulan. Salah satu pesannya memberitahu suaminya bahwa dia dirawat di ruang gawat darurat karena kecelakaan mobil.

"Terdakwa tidak menanyakan tentang penggugat, dan informasi yang dikirim oleh penggugat dibaca tapi tidak dijawab," kata hakim. "Perkawinan pasangan itu tidak bisa diperbaiki lagi."

Satu atau dua bulan setelah kecelakaan itu, sang suami akhirnya mengirim pesan singkat kepada istrinya. Namun isi pesannya tentang hal-hal yang berkaitan dengan anjing mereka dan memberi tahu dia bahwa ada surat untuknya. "Tapi dia tidak menunjukkan kekhawatiran padanya," kata Hakim.

Pasangan ini telah menikah sejak tahun 2012. Wanita itu berusia 50-an dan sebelumnya sudah menikah, sementara suaminya berusia 40-an.

Hakim juga mengatakan bahwa ada masalah tambahan dalam pernikahan mereka. Setelah menikah, Lin pindah ke rumah suaminya, dan tinggal bersama mertua, dan dua iparnya. Lin harus membayar sebagian besar biaya hidup dan lainnya. Ibu mertuanya juga memintanya untuk mengambil pinjaman untuk membayar pajaknya. Suami Lin tidak memiliki penghasilan yang stabil.

Selain itu, keluarga suaminya tidak ramah terhadap Lin. Mereka membatasi berapa lama Lin bisa mandi dan seberapa tinggi suhu air yang bisa dia gunakan.

"Pesan yang diabaikan adalah hal terakhir," kata Hakim Kao. "Pasangan normal seharusnya tidak saling memperlakukan seperti itu."

"Sekarang komunikasi internet sangat umum, jadi ini bisa dijadikan bukti."

Suami Lin dapat mengajukan banding setelah menerima keputusan pengadilan. Tapi hakim mengatakan bahwa itu sepertinya tidak akan terjadi, karena dia tidak pernah datang ke pengadilan dan belum menanggapi pemberitahuan pengadilan lainnya.

Membaca pesan tanpa membalasnya dikenal sebagai blue-ticking. Konsepnya berasal dari aplikasi media sosial seperti WhatsApp and Line, yang menggunakan tanda centang atau 'baca' untuk menandai bahwa seseorang telah menerima dan membaca pesan pengirim.