18 July 2017 14:29 WITA

Heboh! Berkeliaran Pakai Rok Mini, Wanita Arab Saudi Picu Sensasi

Editor: Suriawati
Heboh! Berkeliaran Pakai Rok Mini, Wanita Arab Saudi Picu Sensasi
Twitter

RAKYATKU.COM - Seorang wanita muda di Arab Saudi memicu sensasi online setelah memposting video dirinya mengenakan rok mini dan berkeliling di tempat umum.

Menurut BBC, wanita itu adalah seorang model bernama Khulood. Ia pertama kali membagikan video itu di Snapchat pada akhir pekan lalu, dan menunjukkan dia berjalan mengelilingi sebuah benteng bersejarah di Ushayqir, sebuah desa di utara ibukota Riyadh.

BACA JUGA: Mengenal Putra Mahkota Saudi yang Baru, Mohammed bin Salman

Rekaman tersebut telah memicu perdebatan sengit di media sosial. Beberapa orang menyerukan agar ia segera ditangkap karena melanggar kode pakaian ketat negara tersebut. Tapi banyak juga yang memuji keberaniannya, dan menegaskan bahwa kebebasan berpakaian bukan sebuah kejahatan.

Arab Saudi memang memiliki aturan yang sangat ketat, salah satunya mewajibkan wanita mengenakan jilbab dan jubah longgar atau abaya di depan umum.

Beberapa yang membela Khulood dengan mengatakan bahwa istri Presiden AS Donald Trump, Melania, dan anak perempuannya, Ivanka, telah memilih untuk tidak mengenakan abaya atau jilbab saat berkunjung kerajaan pada bulan Mei.

Namun, yang lain menulis bahwa seandainya wanita itu orang asing, orang akan membicarakan kecantikannya, tapi karena dia orang Saudi, mereka meminta dia ditangkap.

Menurut laporan, pihak berwenang sedang menyelidiki video tersebut.