18 July 2017 14:21 WITA

Setya Novanto Tetap Jabat Ketua DPR

Editor: Fathul Khair Akmal
Setya Novanto Tetap Jabat Ketua DPR
Setya Novanto

RAKYATKU.COM - Pasca ditetapkan sebagai tersangka dugaan tindak pidana korupsi proyek KTP Elektronik oleh KPK, Setya Novanto (Setnov) masih tetap menjabat sebagai Ketua DPR-RI. Hal itu berdasarkan rapat pimpinan DPR, di gedung DPR-RI, Jakarta, Selasa (18/9/2017).

"Di dalam UU MD3 atau UU nomor 17 tahun 2014, sebenarnya sudah diatur mengenai pemberhentian pimpinan DPR. Yaitu di dalam pasal 87 di sana tegas dikatakan bahwa pimpinan DPR diberhentikan ada tiga alasan pemberhentian. Yang pertama meninggal dunia, kedua adalah mengundurkan diri, ketiga adalah diberhentikan," kata Kepala Badan Keahlian DPR, Johnson Rajagukguk dalam konferensi persnya di gedung DPR siang ini.

"Kalau pimpinan DPR tersangkut hukum, maka di dalam pasal 87 ayat 2, khususnya huruf C sudah diatur, bahwa pemberhentian itu dilakukan mana kala ada keputusan dinyatakan bersalah, berdasarkan keputusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap, atau inkrah. Karena melakaukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 tahun atau lebih," tambahnya.

Sehingga menurut Jhonson, status Setnov yang masih berstatus tersangka dan belum ada keputusan bersifat inkrah, maka tidak ada perubahan di tubuh pimpinan DPR, khususnya Ketua DPR-RI.

"Karena ini masih tersangka, tentu tidak ada pengaruh terhadap kedudukan Pak Novanto selaku Ketua DPR. Ini yang perlu kami sampaikan secara tegas sesuai dengan undang-undang nomor 17 Tahun 2014 tentang MD3," jelasnya.

Diketahui, KPK menetapkan Ketua DPR RI, Setya Novanto sebagai tersangka pada Senin (17/7/2017) kemarin.

Menurut Ketua KPK Agus Rahardjo, Novanto diduga menguntungkan diri atau orang lain atau korporasi. Novanto juga diduga menyalahgunakan kewenangan dan jabatan.

Jaksa KPK sebelumnya meyakini adanya peran Setya Novanto dalam korupsi proyek e-KTP. Jaksa yakin tindak pidana korupsi yang merugikan negara Rp 2,3 triliun itu dilakukan bersama-sama Setya Novanto.

Tags
e-ktp