18 July 2017 10:46 WITA

Lahan Pertanian Menyusut, Danny Imbau Warga Pertahankan Tanah

Editor: Adil Patawai Anar
Lahan Pertanian Menyusut, Danny Imbau Warga Pertahankan Tanah
Danny Pomanto.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Luasan lahan pertanian di Kota Makassar terus mengalami penyusutan setiap tahunnya. Bahkan, lahan yang merupakan area persawahan tersebut kini hanya tersisa 2.636 hektar.

Hal ini dipengaruhi oleh tingginya angka pembangunan dalam kota, yang menyebabkan lahan pertanian perlahan-lahan meninggalkan fungsinya.

Melihat fenomena tersebut, Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto mengimbau kepada seluruh petani Kota Makassar, agar tetap mempertahankan lahannya.

"Kami minta kepada petani untuk tidak melepaskan atau menjual tanahnya kepada pengembang," kata Danny pada Rakyatku.com, Selasa (18/7/2017).

Disamping itu, guna membuat produktivitas petani lebih baik, lanjut Danny. Dia menyarankan kepada petani untuk beralih ke sistem mekanisasi.

Dimana dalam pelaksanaannya, mekanisasi ini akan melibatkan penggunaan berbagai macam mesin secara keseluruhan atupun sebagian bidang, dengan tujuan menggantikan tenaga manusia dan hewan.

"Agar produktivitas meningkat, kami akan menuntun petani untuk menggunakan sistem mekanisasi. Sebisa mungkin kami bantu siapkan alatnya. Mulai dari mesin panen, mesin tanam padi, pompa air dan lain-lain," pungkasnya.