18 July 2017 10:45 WITA

BPJS Kesehatan Sasar Siswa SD

Editor: Fathul Khair Akmal
BPJS Kesehatan Sasar Siswa SD
Kepala Cabang BPJS Makassar, Unting Patri Wicaksono Pribadi (batik cokelat)

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Demi mengurangi jumlah peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang sakit di masa mendatang, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial(BPJS) Kesehatan, mulai melakukan kegiatan promotif preventif dengan menyasar anak-anak usia dini.

Kali ini, dalam rangka ulang tahunnya yang ke-49 , BPJS Kesehatan bakal menyasar siswa sekolah dasar di 13 kota di seluruh Indonesia. Di Makassar, kegiatan ini bakal digelar di SD Inpres Unggulan BTN Pemda kota Makassar, Rabu (18/7/2017).

Kepala Cabang BPJS Makassar, Unting Patri Wicaksono Pribadi mengatakan, kegiatan promotif preventif yang mengangkat tema Hidup Sehat Bersama BPJS Kesehatan ini, diharapkan dapat menggugah pelajar untuk meningkatkan rasa kepedulian, kerelaan membantu sesama, dan gotong royong dalam diri masing-masing.

Unting mengingatkan, peran serta seluruh masyarakat dan generasi muda dalam mengawal keberlangsungan program JKN-KIS di Indonesia sangatlah besar.

"Dengan meningkatnya kesadaran generasi muda untuk berperilaku sehat sehari-hari. Diharapkan ke depannya jumlah peserta JKN-KIS yang sakit bisa menurun, sehingga pembiayaan pelayanan kesehatan dapat dialokasikan kepada promotif preventif yang dilakukan agar masyarakat tetap sehat," katanya.

Untuk itu, kata dia, pihaknya juga berharap pihak sekolah dan orang tua dapat turut serta dalam membudayakan perilaku pola hidup sehat. Apalagi usia anak SD, adalah masa dimana anak-anak meniru kebiasaan orang-orang sekitarnya.

Adapun rangkaian kegiatan yang bakal digelar di SD Pemda diantaranya, kelas motivasi, senam bersama, pemeriksaan kesehatan telinga, gigi dan mulut.

"Rencananya, besok akan dihadiri oleh direksi kami," tutup Unting.