17 July 2017 20:38 WITA

Tersangka Pembunuh Rezky Evienia Syamsul Akhirnya Diadili

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Tersangka Pembunuh Rezky Evienia Syamsul Akhirnya Diadili
Almarhumah Rezky Evienia Syamsul.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kasus kematian Rezky Evienia Syamsul (22), mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia (UMI) akhirnya diadili setelah setahun lebih terseok-seok di Polda Sulsel dan Kejati Sulselbar. 

Rezky yang menghembuskan nafas terakhir pada Selasa, 7 Juni 2016 lalu usai mengikuti kegiatan pengkaderan tim bantuan medis (TBM) 110-FK UMI di Pegunungan Tombolo Pao, Kabupaten Gowa. Kematian Rezky diduga atas kelalaian yang dilakukan oleh seniornya. 

Kasi Penkum Kejati Sulselbar, Salahuddin mengatakan kasus tersebut telah dilimpahkan ke Pengadilan Negeri (PN) Makassar, usai pelimpahan barang bukti dan tersangka (tahap 2) dari Polda Sulsel

"Sudah dilimpahkan ke Pengadilan sejak minggu lalu," kata Salahuddin, Senin (17/7/2017).

Sementara itu, pihak pengadilan yang dikonfirmasi terkait kasus tersebut mengatakan kasus Rezky telah disidangkan perdana. Sidang tersebut dipimpin oleh hakim Budiansyah selaku ketua majelis.

"Sidang pertama hari Kamis, 13 Juli 2017 lalu. Sidang lanjutan, sidang kedua dilanjutkan hari Kamis, 27 Juli mendatang," ungkap Ansar Majid, Humas Pengadilan Negeri Makassar.

Dalam sidang perdana, para terdakwa dijerat dengan pasal 353 ayat (1) dan ayat (3), pasal 351 ayat (1), (3), dan (4), lebih subs pasal 359 jo pasal 55 dan pasal 56 KUH Pidana. Sementara sidang lanjutan akan dilanjutkan dengan pemeriksaa. saksi-saksi.

"Mereka (terdakwa) didakwa pasal 353, pasal 359 dan pasal 351. Sidang kedua dilanjutkan dengan agenda pemeriksaan saksi," tambah Ansar. 

Dalam kasus kematian Rezky, Tim penyidik Krimum Polda Sulsel menetapkan tiga orang sebagai tersangka. Tiga tersangka tersebut terdiri dari dua wanita dan satu lelaki, masing-masing berinisial Tiga tersangka tersebut masing-masing berinisial HJ (21), SF (19) dan WR (21).