Senin, 17 Juli 2017 20:35 WITA

Diskopindag: Koperasi di Soppeng Masih Bandel

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Diskopindag: Koperasi di Soppeng Masih Bandel

RAKYATKU.COM, SOPPENG - Bupati Soppeng, Andi Kaswadi Razak mendapatkan penghargaan "Kepala Daerah Penggerak Koperasi" dari Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Nurdin halid, pada peringatan Hari Koperasi Nasional di Makassar, beberapa waktu lalu.

penghargaan ini ternyata tidak mampu membuat seluruh koperasi di Soppeng aktif dan taat aturan. Berdasarkan data Dinas Koperindag Soppeng, dari 183 koperasi, sekira 20 diantaranya sudak tidak beroperasi atau di-non-aktifkan. Kebanyakan koperasi tersebut yang bergerak di unit simpan pinjam. Baik itu Koperasi Unit Desa (KUD) maupun non KUD, yang tersebar di delapan kecamatan yang ada di Kabupaten Soppeng. 

Menurut Kepala Dinas Koperindag Soppeng, Ilham menjelaskan, koperasi yang tidak aktif tidak hanya ada di Soppeng. Masalah ini hampir dirasakan oleh semua daerah. Namun penghargaan yang diterima oleh Andi Kaswadi tersebut menandakan jika Soppeng masih lebih baik dari kabupaten lain.

"Kami berusaha agar koperasi yang masih bisa di bina agar tetap melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT). Koperasi yang masih bisa dibina, tetap dilakukan pembinaan, dan tidak serta merta kita dibubarkan, apalagi kalau tidak ada anggota yang dirugikan," jelasnya. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun, setiap awal tahun Koperindag Soppeng terus menyurati koperasi untuk melakukan RAT. Namum, mereka terkendala karena pengurus yang kurang aktif, serta anggota terkadang tidak lagi beraktivitas. Sehingga hal itu yang menjadi fokus untuk pembinaan Koperindag. 

"Hanya saja, pembinaan yang dimaksudkan setiap tahunya belum membuahkan hasil secara signifikan, pasalnya, setiap tahun banyak koperasi yang macet dan tidak melakukan RAT," pungkasnya.