Senin, 17 Juli 2017 20:29 WITA

Setya Novanto Jadi Tersangka Kasus Korupsi KTP-el

Editor: Almaliki
Setya Novanto Jadi Tersangka Kasus Korupsi KTP-el
Setya Novanto

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Ketua Umum DPP Golkar, Setya Novanto resmi ditetapkan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi sebab perkara kasus dugaan korupsi pengadaan KTP-el, yang diduga merugikan keuangan negara senilai Rp2,3 triliun.

Tim penyidik sebelumnya menemukan dua alat bukti perihal dugaan keterlibatan Novanto. "Setya Novanto ditetapkan tersangka," ujar Agus Rahardjo saat jumpa pers, Senin (17/7).

SN, akronimnya, dinilai bersama pihak lain dalam memuluskan tahapan perencanaan, hingga pelaksanaan proyek yang membawa masalah itu. Hal tersebut sesuai keterangan jaksa penuntut umum dalam dakwaan Irman dan Sugiharto yang merupakan pejabat dalam Kementerian Dalam Negeri.

Patut diketahui, sesuai keterangan Jaksa, maka diyakini jika SN turut dalam proyek bermasalah tersebut, sesuai Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP. Apalagi terdakwa Irman, Sugiharto, Andi Agustinus, Diah Anggraini, dan Setnov sempat bertemu.

Pertemuan itu lalu diendus dan disinyalir para terdakwa meminta dukungan Setnov dalam proses penganggaran KTP-el. Setnov pun diduga mendukung proses penganggraan proyek KTP-el yang berjalan di Komisi II DPR RI.

Tags