16 July 2017 00:30 WITA

Indonesia-Malaysia Fokus Normalisasi Perdagangan di Entikong-Tebedu

Editor: Andi Chaerul Fadli
Indonesia-Malaysia Fokus Normalisasi Perdagangan di Entikong-Tebedu
Sumber: Setkab.go.id

RAKYATKU.COM - Menteri Perdagangan Enggartiasti Lukita bersama Menteri Industri dan Perdagangan Internasional Malaysia Dato' Mustapa Muhamed mengunjungi Inland Port Tebedu, Malayasia dan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong, Kalimantan Barat, belum lama ini. Dua daerah perbatasan ini akan menjadi titik fokus perdagangan Malaysia dan Indonesia.

"Kunjungan kerja ini dilakukan sebagai upaya normalisasi perdagangan ekspor dan impor melalui pintu Entikong-Tebedu. Hal ini sebagai tindak lanjut atas apa yang diperintahkan Bapak Presiden," ujar Mendag Enggar, dikutip dari situs Kemendag.

Langkah ini juga merupakan kesepakatan antara kedua pemimpin negara untuk meningkatkan hubungan dagang.

PLBN Entikong merupakan salah satu program pemerintah dalam percepatan pembangunan kawasan perbatasan. Menurut Menteri Dato' Mustapa, Malaysia sangat mengharapkan Indonesia dapat segera menyelesaikan pembangunan PLBN Entikong sebagai terminal barang internasional.

Presiden RI Joko Widodo telah meresmikan PLBN Entikong pada Desember 2016 dan ditargetkan beroperasi sebagai terminal barang pada tahun depan. Enggar menjelaskan, langkah itu sebagai salah satu upaya membangun Indonesia dari pinggiran.

Indonesia juga mengharapkan dukungan dan kerja sama dari Malaysia, khususnya Pemerintah Negeri Serawak sebagai wilayah yang berbatasan langsung dengan Kalimantan Barat.