Sabtu, 15 Juli 2017 12:53 WITA

PKB Sulsel Mulai Gelar Fit and Proper Test Cakada 

Editor: Fathul Khair Akmal
PKB Sulsel Mulai Gelar Fit and Proper Test Cakada 
Ketua PKB Sulsel, Azhar Arsyad

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - DPW PKB Sulsel, mulai melakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap bakal calon jagoannya di Pilkada serentak Sulsel 2018. Fit and proper test ini, dipusatkan di kantornya, pada 16-17/7/2017. 

Untuk pekan ini, PKB hanya akan menguji kandidat dari Pinrang, Palopo dan Pare-pare. Menurut Ketua DPW PKB Sulsel, Azhar Arsyad, untuk beberapa daerah lainnya, akan dilakukan pada Agustus mendatang. 

"Dan tentunya, yang fit and proper test ialah mereka yang telah melewati proses penjaringan di DPC PKB Kabupaten/Kota," terang Azhar, lewat keterangan tertulis yang diterima Rakyatku.com, pada Sabtu (15/7/2017).

Uji kelayakan ini dimaksudkan, untuk memperdalam visi-misi para kandidat. Juga, lanjut Azhar, akan ditanyakan perihal seberapa luas pengetahuan kandidat, terhadap calon daerah yang dipimpinnya kelak.

"Kemampuan dalam memaparkan masalah yang ada serta solusinya. Juga penataan daerah atau seperti apa dan pembangunan yang akan dilakukan,” tuturnya.

Lebih lanjut, Azhar menyatakan, dari hasil fit and proper test tersebut, nantinya juga akan ditambah dengan penilaian sosok bakal calon kepala daerah melalui hasil survei. Nantinya mereka yang memiliki nilai tertinggi, akan disetor ke DPP PKB, untuk dipertimbangkan untuk diberi rekomendasi usungan.

"Keputusan akhir masih ada di tangan DPP, tentunya dengan mempertimbangkan aspek-aspek yang akan diuji di atas. Seperti fit and proper test, wawancara dan juga hasil survei,” pungkas Azhar.