14 July 2017 13:52 WITA

Setya Novanto Penuhi Panggilan KPK

Editor: Mulyadi Abdillah
Setya Novanto Penuhi Panggilan KPK
Setya Novanto

RAKYATKU.COM - Ketua DPR RI, Setya Novanto (Setnov) memenuhi panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jumat (14/7/2017).

Ketua Umum DPP Partai Golkar ini menjalani pemeriksaan sebagai saksi untuk kasus korupsi proyek e-KTP. 

TV One melaporkan, Setnov tiba di Gedung KPK sekitar pukul 09.50 WIB dengan mengenakan batik lengan panjang berwarna cokelat. Ia  langsung masuk ke dalam lobi Gedung KPK. 

Sekjen Partai Golkar Idrus Marham turut mendampingi Setnov. Nampak hadir pula Ketua DPP Golkar Yahya Zaini.

Sebelumnya, Novanto mengirimkan surat keterangan sakit dan meminta penundaan waktu pemeriksaan. Surat yang dikirimkan juga dilengkapi surat keterangan dokter.

Novanto diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Andi Agustinus alias Andi Narogong. Andi merupakan pengusaha pelaksana proyek e-KTP. Jaksa KPK meyakini adanya peran Setya Novanto dalam korupsi proyek senilai Rp 5,9 triliun itu.

Jaksa yakin tindak pidana korupsi yang merugikan negara Rp 2,3 triliun itu dilakukan bersama-sama Setya Novanto. Dalam hal ini, Setya Novanto mempunyai pengaruh dalam proses penganggaran pada Komisi II DPR RI.

Apalagi, Ketua Komisi II DPR saat itu adalah Burhanuddin Napitupulu yang merupakan anggota Fraksi Partai Golkar. Berdasarkan surat tuntutan jaksa, Novanto disebut mendapat jatah 11 persen dari nilai proyek, yakni Rp 574 miliar.

Tags
E KTP