Selasa, 11 Juli 2017 10:37 WITA

Untuk Kebutuhan Pileg dan Pilpres, Pemerintah Genjot Perekaman KTP Elektronik

Editor: Fathul Khair Akmal
Untuk Kebutuhan Pileg dan Pilpres, Pemerintah Genjot Perekaman KTP Elektronik

RAKYATKU.COM - Pemerintah terus menggenjot proses perekaman KTP elektronik, yang ditargetkan rampung pada Oktober 2017. Dengan begitu, pelaksanaan pemilihan legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres), bisa memanfaatkan data kependudukan berbasis NIK tersebut.

"Target kami Oktober ini selesai, agar bisa untuk persiapan Pileg (Pemilihan Legislatif) dan Pilpres (Pemilihan Presiden)," kata Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, dikutip dari laman resmi kemendagri.go.id, Selasa (11/7/2017).

Menurut Tjahjo, sudah lebih dari 90 persen warga merekam data untuk KTP-el. Namun, Tjahjo mengatakan bila warga yang tinggal di apartemen agak sulit dicari, seperti di Jakarta.

"Proses sudah 97,29 persen yang sudah merekam data, tapi yang tinggal di apartemen-apartemen Jakarta itu yang sulit dicari, mungkin sibuk," ujarnya.

loading...

Untuk detail angkanya, Tjahjo mengatakan ada sekitar 1 juta lebih warga yang belum merekam data KTP-el. Dia pun berharap perekaman data ini segera selesai, agar memudahkan masyarakat mengurus surat-surat keterangan lainnya.

"Masih 1,6 juta masyarakat Indonesia yang belum mau merekam datanya. Target kami tahun ini warga Indonesia juga punya akte kelahiran. Lahir, kasih surat akte," kata Tjahjo.

Loading...
Loading...