Minggu, 09 Juli 2017 20:48 WITA

Dinkes Sulsel Siapkan 187 Miliar untuk Kesehatan Gratis

Penulis: Nur Izzati
Editor: Fathul Khair Akmal
Dinkes Sulsel Siapkan 187 Miliar untuk Kesehatan Gratis

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, terus berupaya meningkatkan kesehatan masyarakat, khususnya bagi yang kurang mampu. Untuk tahun 2017, Pemprov Sulsel menyiapkan anggaran dana kesehatan gratis Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Penanggung Jawab Program Kesehatan Gratis Integrasi JKN, Hasbullah mengatakan, Pemprov Sulsel telah menyiapkan anggaran dana kesehatan gratis integrasi JKN sebesar Rp187 miliar lebih.

"Kita kerjasama dengan kabupaten/kota dengan sharing dana, provinsi sebesar 40% dan kabupaten/kota siapkan 60%. Anggaran tersebut akan dikirim ke kabupaten kota setiap triwulan. Dananya dikirim berdasarkan dengan permintaan dari kabupaten/kota tersebut," ungkapnya, Minggu (9/7/2017).

Hasbullah menambahkan, kategori masyarakat kurang mampu, ditentukan oleh bupati setempat melalui Surat Keputusan (SK) bupati.

"Berapa pun yang di-SK-kan oleh bupati, itulah yang dimasukkan ke dalam BPJS (Badan Pelayanan Jaminan Sosial). Setelah diverifikasi oleh BPJS, itu yang nanti diminta dari provinsi 40% dan kabupaten/kota sebesar 60%," terangnya.

loading...

Lebih lanjut, Hasbullah menuturkan, jika peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) JKN, sudah merasa mampu atau tidak lagi tergolong dalam masyarakat miskin, ia bisa berhenti sebagai PBI JKN.

"Misalnya, tahun lalu ia terverifikasi sebagai warga yang tidak mampu, namun tahun ini kehidupannya sudah jauh lebih baik dan tergolong mampu, maka ia bisa keluar dari PBI JKN, karena PBI itu kan di kelas 3. Dan itu tidak bisa naik kelas. Tapi, kalau kelas 3 mandiri, maka itu bisa naik kelas," terangnya.

Ia menambahkan, saat ini,  jumlah usulan PBI APBD 2017 dari seluruh kabupaten di wilayah Sulsel berjumlah 1.702.222 jiwa. Sementara, untuk masyarakat yang telah menjafi peserta PBI JKN yakni sebanyak 4.810.965 atau sekitar 50,89%.

Loading...
Loading...