06 July 2017 09:38 WITA

AS Ajak Rusia Bekerjasama Stabilkan Suriah

Editor: Suriawati
AS Ajak Rusia Bekerjasama Stabilkan Suriah
Presiden Suriah Bashar al-Assad

RAKYATKU.COM - Amerika Serikat siap untuk berdiskusi dengan Rusia untuk menstabilkan Suriah yang dilanda perang, termasuk zona larangan terbang.

Hal ini disampaikan Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson pada hari Rabu (05/07). Dikutip dari Reuters, Tillerson menambahkan bahwa Amerika Serikat ingin berdiskusi dengan Rusia tentang penggunaan senjata di darat dan pengiriman bantuan kemanusiaan yang terkoordinasi ke Suriah.

BACA JUGA: Koalisi Pimpinan AS Serang Pos Militer Suriah

"Jika kedua negara bekerja sama untuk membangun stabilitas di lapangan, ini akan menjadi dasar bagi kemajuan penyelesaian masa depan politik Suriah," kata Tillerson dalam sebuah pernyataan menjelang KTT G20 tahun ini di Jerman.

Tillerson juga mengatakan bahwa Rusia memiliki kewajiban untuk mencegah penggunaan senjata kimia oleh pemerintah Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Topik tentang Suriah juga diprediksi akan menjadi topik pembicaraan Presiden AS Donald Trump dan Presiden Rusia Vladimir Putin, saat mereka bertemu di sela-sela KTT G20 di Hamburg, Jerman pada hari Jumat.

Rusia adalah sekutu utama Presiden Assad dan dukungan militer Moskow telah membantu pemerintah Suriah melawan Negara Islam (ISIS) dan pemberontak Suriah.

Tags
suriah