04 July 2017 03:30 WITA

Warga Desa di Bulukumba Tanam Pisang, Harapannya Berbuah Jalan

Editor: Sulaiman Abdul Karim
Warga Desa di Bulukumba Tanam Pisang, Harapannya Berbuah Jalan

RAKYATKU.COM, BULUKUMBA - Kekesalan masyarakat Tugondeng, Desa Tugondeng Kecamatan Herlang terhadap kondisi jalan yang tak kunjung diperbaiki tampaknya sudah memuncak. Mereka nekat menanam pohon pisang dan membentangkan spanduk bertuliskan "Kami tidak betah dengan jalan seperti ini".

Warga mengancam, aksi ini terus berlanjut hingga tiga hari kedepan. Sampai ada titik terang dari pemerintah. "Semenjak ini kampung ada, belum pernah ada pengaspalan. Sepertinya kita dianaktirikan. Padahal di sepanjang jalan ini bermukim hampir seratus kepala keluarga," tukas Icha, salah satu warga, kemarin. 

Aksi tanam pisang ini juga didukung oleh poara tokoh di desa. Sebagai bentuk kekecewaan dan desakan kepada pemerintah daerah dan wakil rakyat. "Pemerintah selama ini pilih kasih. Begitu juga para anggota DPRD dari dapil sini," ungkap Fajar, rekan Icha. 

"Kita ini yang memiliki hak yang sama. Kita juga bayar pajak," katanya. 

Sementara itu, Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto, mengaku segera berkoordinasi dengan pihak terkait. Termasuk Kepala Desa Tugondeng, mengenai kejelasan jalanan ini. 

"Kita usahakan nanti di APBD Pokok. Tapi kalau jalan desa, saya kira ini bisa menjadi fokus bagi pemerintah desa. Saya akan komunikasikan ke Pak Desa," kata Tomy, saat dikonfirmasi, semalam. 

Terpisah, Anggota DPRD Bulukumba, Abdul Rajab, juga berjanji akan mengawal aspirasi terkait jalan ini. "Kami akan berusaha bersama dengan teman-teman dari dapil III," singkatnya.