Senin, 03 Juli 2017 13:07 WITA

Gaji 13 PNS Mulai Cair, Ini Besarannya

Editor: Mulyadi Abdillah
Gaji 13 PNS Mulai Cair, Ini Besarannya
Ilustrasi PNS

RAKYATKU.COM - Gaji ke-13 untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan TNI/Polri akan dibayarkan oleh Kementerian Keuangan mulai hari ini, Senin (3/7/2017). 

"Betul mulai hari ini (pencairan gaji ke-13)," kata ‎Direktur Jenderal Perbendaharaan Kemenkeu, Marwanto Harjowiryono dikutip dari Liputan6.com.

Mekanisme pencairan gaji ke-13 sama dengan Tunjangan Hari Raya (THR). Satuan Kerja (Satker) mengajukan Surat Perintah Membayar (SPM) ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN). 

Pencairan paling cepat memakan waktu 1 jam. Dengan syarat, seluruh dokumen sudah dipenuhi dan tidak ada kesalahan. "Dalam kondisi normal, syarat-syarat sudah dipenuhi, tidak ada kesalahan nama penerima, nomor akun, dan lainnya, maka setelah SPM diterima di KPPN, sekitar 1 jam dapat dicairkan," ujarnya.

‎Adapun untuk besarannya, Gaji Ke-13 untuk PNS dibayarkan sebesar gaji pokok, tunjangan umum, tunjangan keluarga, tunjangan kinerja, dan tunjangan jabatan. Gaji Ke-13 untuk Non-PNS dibayarkan sebesar penghasilan bulan Juni 2017, maksimal sesuai dengan lampiran PP terkait. 

Kecepatan dan kelancaran pelaksanaan pembayaran Gaji ke-13 akan sangat bergantung pada kecepatan, ketepatan, akurasi dan kesigapan masing-masing Satuan Kerja dalam pengajuan permintaan pembayaran gaji ke-13 ke KPPN di daerahnya masing-masing.