Sabtu, 01 Juli 2017 11:48 WITA

Lihat! Atap Gedung Lima Lantai di China Dijadikan Jalan Raya

Editor: Suriawati
Lihat! Atap Gedung Lima Lantai di China Dijadikan Jalan Raya
Foto: China News

RAKYATKU.COM - Apa jadinya jika mobil bisa lalu lalang di atas atap rumah Anda? Pertanyaan ini mungkin lebih bisa dijawab oleh pemilik bangunan bertingkat lima di kota Chongqing, China. Yah, bangunan ini memiliki atap datar yang juga berfungsi ganda sebagai jalan yang benar-benar dilewati mobil.

Sebelum kita membahas detail tentang keunikan arsitektur ini, perlu dipahami bahwa Chongqing memiliki reputasi sebagai pemilik arsitektur dan infrastruktur yang tidak biasa.

BACA JUGA: Shanghai Tower Perkenalkan Ruang Seni Tertinggi di Dunia

Daerahnya terdiri dari lereng bukit, dan kurangnya ruang datar ini memaksa para arsitek dan perencana kota berpikir di luar kotak untuk menghasilkan solusi yang layak. Beberapa kreasi mereka yang paling terkenal termasuk persimpangan jalan yang luas dengan 15 jalur yang menuju delapan arah yang berbeda, jembatan pejalan kaki 13 lantai dan gedung apartemen yang memiliki jalur lintasan kereta.

Lihat! Atap Gedung Lima Lantai di China Dijadikan Jalan RayaFoto-foto dari jalanan atap tersebut telah menjadi viral, setelah diposting di Weibo pada Rabu lalu. Banyak netizen yang bercanda bahwa hal seperti itu hanya bisa dibangun di China. Mereka mungkin benar, namun media China mengungkapkan bahwa jalan atap sebenarnya memiliki penjelasan yang sangat praktis.

Beijing Youth Daily melaporkan, penjaga keamanan di sana mengatakan bahwa jalan itu diciptakan untuk membantu warga sekitar mencapai rumah mereka dengan lebih mudah. Banyak apartemen didaerah itu yang dibangun di sisi bukit dan parkiran berada jauh dari gedung, sehingga warga harus naik lift atau berjalan kaki dari di dasar bukit untuk sampai ke rumah mereka.

Tapi, berkat jalanan atap, warga bisa mengemudikan mobil mereka lebih dekat dengan tempat tinggal mereka dan membiarkan mobil mereka diparkir di sana.

Tapi, jangan terkecoh dengan jendela pada bangunan lima lantai itu! Ternyata, tidak ada orang tinggal di dalamnya. Empat lantai atas gedung merupakan tempat parkir dalam ruangan, sementara lantai dasar adalah pertokoan. Plus, atapnya dilengkapi dengan bahan peredam kebisingan, sehingga hampir tidak ada suara mobil terdengar di luar.

Tags