Rabu, 28 Juni 2017 11:25 WITA

Tekan HIV/AIDS, Dinkes Sulsel Lakukan Empat Hal Ini

Penulis: Nur Izzati
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Tekan HIV/AIDS, Dinkes Sulsel Lakukan Empat Hal Ini
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan terus melakukan upaya untuk menekan angka penyakit Human Immunodeficiency Virus Infection and Acquired Immune Deficiency Syndrome (HIV/AIDS) di wilayah Sulsel.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, Rachmat Latief mengatakan untuk menghadapi kasus HIV/AIDS telah dibuat program yang berlaku secara nasional.

"Itu sudah berlaku di seluruh Indonesia, ada empat tindakan yaitu, upaya melakukan promotif, preventif, kuratif dan fasilitatif. Hal-hal tersebut kita lakukan sampai ke tingkat bawah. Misalnya kita mendatangi kelompok-kelompok yang berisiko tertular dengan penyakit ini," kata Rachmat Latief.

Rahmat Latief menjelaskan, jika timnya menemukan seorang atau kelompok yang diperkirakan telah terkontaminasi dengan penyakit tersebut, maka segera dilakukan pengecekan laboratorium.

loading...

"Pertama kita beri pemahaman mengenai bahayanya penyakit ini. Namun, jika kita menemukan seseorang yang dicurigai telah tertular penyakit HIV/AIDS ini, maka kita lakukan pengecekan. Jika hasilnya positif, maka segera kita obati, karena ini membutuhkan perawatan seumur hidup," jelasnya.

Lebih jauh Rahmat mengungkapkan, HIV/AIDS ini ditularkan melalui perilaku seks bebas dan penggunaan narkotika dengan memakai jarum suntik. Ia menambahkan, setiap kabupaten di Sulawesi Selatan memiliki penyakit HIV/AIDS. Kurangnya pemahaman mengenai bahaya penyakit ini membuat beberapa orang mengesampingkan aturan-aturan yang ada.

"Mobilitas yang tinggi dan kurangnya pemahaman dapat membuat penyakit ini terus menular. Dalam hal ini, kita juga butuh bantuan dari masyarakat, agar segera melapor jika mengetahui ada penderita HIV/AIDS di sekitarnya," pungkasnya.

Tags
Loading...
Loading...