Selasa, 20 Juni 2017 14:48 WITA

Mahasiswa AS yang Dibebaskan Dari Korea Utara Meninggal Dunia

Editor: Suriawati
Mahasiswa AS yang Dibebaskan Dari Korea Utara Meninggal Dunia
Foto: AP

RAKYATKU.COM - Otto Warmbier, mahasiswa Universitas Virginia yang ditahan di Korea Utara selama 17 bulan, meninggal pada Senin sore (19/06), seminggu setelah dia kembali ke rumah dalam keadaan koma. Dia menghembuskan nafas terakhir di sisi keluarganya di Cincinnati, Ohio.

Pria berusia 22 tahun tersebut dievakuasi secara medis dari Korea Utara pada hari Selasa lalu, dan telah dirawat di University of Cincinnati Medical Center. Kematiannya diumumkan oleh orang tuanya, Fred dan Cindy Warmbier, tanpa menyebutkan penyebabnya.

BACA JUGA:

Tapi menurut Washington Post, mereka menyalahkan Korea Utara atas apa yang terjadi. Anak mereka ditangkap pada Januari 2016 lalu, saat melakukan wisata ke negara tertutup tersebut.

Mahasiswa AS yang Dibebaskan Dari Korea Utara Meninggal Dunia"Sayangnya, perlakuan buruk yang mengerikan yang diterima putra kami di tangan Korea Utara memastikan bahwa tidak ada hasil lain yang mungkin terjadi selain penderitaan yang kami alami saat ini," kata keluarga Warmbier.

BACA JUGA: Korea Utara Bebaskan Mahasiswa AS, Setelah Setahun Koma

Kematian Otto Warmbier menimbulkan kecaman keras terhadap rezim Kim Jong-un, dari pemerintahan Amerika. Berita tersebut dapat membawa AS untuk mengambil garis keras di China, sekutu dekat Korea Utara saat kedua negara memulai perundingan tingkat tinggi minggu ini.

Hal ini juga akan memaksa biro perjalanan yang memfasilitasi kunjungan Warmbier untuk mengakhiri perjalanan ke Korea Utara untuk orang Amerika.

Otto Warmbier pergi ke Korea Utara bersama dengan sebuah kelompok tur dari Beijing pada Januari 2016. Ia dijatuhi hukuman 15 tahun kerja keras pada bulan Maret 2016, karena dituduh melakukan "tindakan bermusuhan terhadap negara," setelah mencoba mengambil sebuah spanduk propaganda politik di sebuah hotel di Pyongyang.