20 June 2017 14:30 WITA

Saluran Sekunder Belawa Bobol, Puluhan Rumah di Sidrap Terendam

Editor: Andi Chaerul Fadli
Saluran Sekunder Belawa Bobol, Puluhan Rumah di Sidrap Terendam
Jebolnya saluran sekunder Belawa di ruas BB1 dan BB2 di depan kantor Desa Sereang, Kecamatan Maritenggae, Sidrap mengakibatkan sejumlah permukiman warga tergenang.

RAKYATKU.COM, SIDRAP - Hujan deras yang terus menguyur Kabupaten Sidrap beberapa hari terakhir membuat saluran sekunder di Belawa jebol. Luapan air merendam permukiman warga di ruas BB1 dan BB2 di depan Kantor Desa Sereang, Kecamatan Maritenggae, Kabupaten Sidrap. 

“Kami sudah melakukan penanggulangan jebolnya saluran sekunder Belawa yang terjadi beberapa hari lalu itu,” kata Kabid SDA Dinas PSDA Sidrap, Yusuf Thamrin, Selasa (20/6/2017).

Yusuf mengatakan, jebolnya saluran tersebut akibat tersumbatnya pada saluran pembuang tepatnya di bawah saluran pembawa sekunder. 

Ia mengklaim bahwa jebolnya saluran itu juga tidak terlalu berdampak pada jumlah debit air yang mengalir ke lahan pertanian.

“Air yang mengalir disana sudah normal. Hanya saja masih butuh perbaikan pada titik jebolnya saluran itu,” ucap Yusuf di kantornya sesaat lalu.

Dia mengaku, sejak hujan terus menguyur Sidrap, pihaknya sudah turun ke beberapa lokasi bendungan dan saluran irigasi untuk memantau kecukupan dan kelebihan air serta daya tampungnya.

“Itu juga dilakukan untuk mengantisipasi jebolnya tanggul akibat luapan banjir,” kata Yusuf. 

Tak hanya itu, sambungnya, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan UPTD PSDA Wilayah Sungai Saddang Kabupaten Pinrang terkait pengeringan dalam rangka pengukuran dasar bendung. 

Tags
sidrap