20 June 2017 14:14 WITA

3.407 Napi di Sulsel Diusulkan Dapat Remisi Lebaran

Editor: Andi Chaerul Fadli
3.407 Napi di Sulsel Diusulkan Dapat Remisi Lebaran

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kementerian Hukum dan HAM (KemenkumHAM) Kanwil Sulsel masih menerima usulan remisi Ramadhan yang akan diberikan tahun ini. Di Sulsel, data sementara jumlah usulan napi untuk menerima remisi telah mencapai 3.407 orang. 

Jumlah tersebut diusulkan dari 24 Lembaga Permasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) di Provinsi Sulawesi Selatan. 

"Saat ini jumlah napi yang diusulkan untuk mendapatkan remisi mencapai 3.407 napi yang diusulkan dari 24 UPT," ungkap Kepala Divisi (Kadiv) Pemasyarakatan Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkum HAM Sulsel, Jauhar Fardin, Selasa 20/6/2017.

Jumlah napi yang diusulkan remisi tersebut menurut Jauhar belum menjadk kumlah yang final. Jumlah tersebut masih terus dapat bertambah hingga -2 hari H lebaran idul fitri.

"Jumlah tersebut belum menjadi angka yang pasti. Masih sangat memungkinkan bertambah karena masih ada berapa hari lebaran," tambah Jauhar.

Jauhar menyebut, para napi yang diusulkan mendapatkan remisi tersebut nantinya akan diberika remisi jika syarat pemberian remisi telah terpenuhi. 

Remisi nara pidana umum yang diusulkan terdiri dari dua kriteria yakni remisi khusus (RK1) terdiri atas potongan hukuman harian, bulan hingga maksimal tiga bulan dan remisi khusus langsung bebas atau (RK2).

“Untuk saat ini yang diusulkan mendapat remisi langsung bebas (RK2) ada sekitar 100 orang lebih tetapi jumlah pastinya nanti setelah diumumkan,” tambah Jauhar lagi.