Selasa, 20 Juni 2017 13:45 WITA

BPKD Sidrap Cairkan Gaji ke-13 Juli 2017

Editor: Andi Chaerul Fadli
BPKD Sidrap Cairkan Gaji ke-13 Juli 2017

RAKYATKU.COM, SIDRAP - Kepala Badan Pengelola Keuangan  Daerah (BPKD) Sidrap, Abdul Majid memastikan telah membayar Tunjangan Hari Raya (THR) 2017 sebesar Rp25 miliar untuk sekitar 6 ribu Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidrap.

"Sejak Jumat pekan lalu, kami sudah mengirim SP2D-nya ke Bank Sulsel untuk dicairkan. Mungkin sekarang masih sementara dalam proses transfer ke masing-masing rekening penerima," ujar Majid kepada Rakyatku.com di kantornya, Selasa (20/6/2017).

Menurutnya, proses transfer dana THR ke rekening para PNS penerima tersebut memang membutuhkan waktu relatif lama. "Karena, dananya ditransfer satu-satu ke rekening masing-masing. Ini ada lebih 6 ribu pegawai, jadi butuh proses waktu," jelas Majid sesaat lalu.

Menurutnya, besaran THR yang diterima pegawai tersebut tergantung dari jumlah gaji pokok masing-masing. "Tidak termasuk tunjangan yang selama ini diterima pegawai setiap bulannya. Hanya gaji pokok saja yang jadi acuan untuk pembayaran THR," ulang Majid.

Selain THR, lanjut Majid, Pemkab Sidrap juga menyiapkan insentif lain untuk para PNS di daerah ini. "Istilahnya, Tambahan 13. Ini juga sudah kami bayarkan. Nilai anggarannya Rp2,4 milyar untuk seluruh PNS yang ada," paparnya.

Besaran insentif Tambahan 13 ini, urai Majid, tergantung dari tunjangan jabatan bagi pejabat dan golongan untuk pegawai nonjabatan. "Kebijakan pemberian insentif seperti ini tidak semua daerah ada, karena itu tergantung dari kebijakan daerah. Kalau Sidrap, sudah berjalan selama ini," jelas Majid.

Sementara, lanjut dia, untuk pembayaran gaji ke 13 tahun ini akan dibayarkan pada Juli 2017 mendatang. "Karena ini anggarannya dari pusat melalui APBN masuk ke Kas Daerah. Pembayaran gaji 13 ini memang selalu dibayarkan pada bulan Juli setiap tahun," pungkas Majid. 

Tags