Selasa, 20 Juni 2017 03:00 WITA

Rombongan Pendeta Asal Sulteng Kagumi Keberagaman di Toraja

Editor: Sulaiman Abdul Karim
Rombongan Pendeta Asal Sulteng Kagumi Keberagaman di Toraja

RAKYATKU.COM, TORAJA - Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae menjamu rombongan Wisata Rohani Keluarga Pelayan Gereja Kristen Sulawesi Tengah se Klasis Poso Kota, di Rumah Jabatan Bupati, Senin (19/6/2017) malam.

"Suatu kebahagian kami pemerintah bersama seluruh masyarakat Tana Toraja didatangi para tamu ini. Selamat datang bapak ibu," kata Nico.

Dihadapan pendeta, Nico memaparkan kehidupan masyarakat Toraja yang sangat menjunjung tinggi nilai toleransi. Kata Nico dalam hidup bermasyarakat di Toraja Tidak ada perbedaan antara pemeluk agama satu dengan yang lain. 

"Dalam satu keluarga kristen ada yang islam. Begitupun sebaliknya. Jadi dalam keluarga di Toraja sudah majemuk," jelasnya.

Rombongan Pendeta Asal Sulteng Kagumi Keberagaman di TorajaNico menambahkan pemerintah kabupaten Tana Toraja membangun kekeberatan antar pemeluk agama dalam bermasyarakat. Pemerintah kabupaten Tana Toraja, lanjut Nico, memberikan ruang yang sama kepada pemeluk agama apa pun untuk menjalankan ajaran dan agamanya.

Pimpinan rombongan pendeta Ratna Lagonda mengatakan selain berwisata Rohani ke wisata Religi Burake, kunjungan mereka sekaligus bersilaturahmi kepada pemerintah Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara.

"Membangun keakraban, sekaligus mempelajari seni dan budaya Toraja. Kan di Poso juga ada Gereja Toraja," terangnya.

Menjamu 18 pendeta ini bupati didampingi ketua TP PKK Tana Toraja Rospita Napa dan beberapa kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Tana Toraja.