19 June 2017 20:36 WITA

IKA SMADA 99 Makassar Gelar Buka Puasa Bersama

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
IKA SMADA 99 Makassar Gelar Buka Puasa Bersama

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Ikatan alumni SMA Negeri 2 (Smada) Angkatan 99 Makassar mengadakan buka puasa bersama. Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang diselenggarakan IKA SMADA Angkatan 99 Makassar pada Bulan Ramadan.

Ramadan ini, nampaknya kegiatan tersebut dikemas sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kali ini pihak IKA SMADA Angkatan 99 Makassar melibatkan para anak jalanan dan pemulung di Makassar.

"Kali ini IKA SMADA 99 mengajak serta anak jalanan dan anak pemulung untuk bersama sama berbagi kebahagiaan dan silaturahmi sambil berbuka puasa di Balla Kanre Jawa, IDI Panakkukang, Makassar milik Haji Irman, yang juga salah satu alumni SMADA 99," ucap salah seorang Alumni Firman Hamid Pagarra.

Firman yang juga merupakan Humas Pemkot Makassar, kebahagiaan sudah seharusnya turut dirasakan para anak jalanan dan pemulung. Untuk itu, kali ini pihaknya lebih memilih berbuka bersama mereka.

Sementara itu, Ketua IKA SMADA 99 Sandy Dwi Nugraha mengatakan, tahun ini mereka bertemu dengan sekelompok mahasiswa kreatif yang menawarkan Komunitas mereka sebagai Rumah Mahasiswa, dimana mereka mewadahi anak anak pemulung dan anak jalanan di seputaran Antang Makassar.

"Anak-anak pemulung dan anak jalanan diwadahi lalu dibina dan ajar agar mereka mendapatkan pendidikan dan kreatifitas yang tidak ketinggalan dibandingkan anak anak sekolah lainnya," ujarnya.

Hal ini tentu sangat positif mengingat anak-anak muda seperti mereka mau mewakafkan waktu dan tenaga mereka untuk mendidik anak anak jalanan tersebut.

Usai kegiatan, IKA SMADA 99 kembali akan mengadakan kegiatan sosial yaitu memberikan bantuan kepada tukang tukang sapu jalan setiap subuh. Pemberian ini sebagai bentuk apresiasi tinggi kepada para pahlawan kebersihan ini. Karena berkat jasa mereka kota Makassar yang sangat yang menjadi kebanggaan bersama ini bisa mendapatkan predikat kota yang  bersih dan nyaman untuk semua.

"Saya berharap semoga kegiatan ini dapat terus terlaksana setiap tahunnya tidak hanya di Bulan Suci Ramadan, agar silaturahmi dapat terus terpelihara sesama alumni dan akan dilaksanakan dengan program yang berbeda setiap tahunnya," tutur Sandy.

Selain Kabag Humas, alumni angkatan ini yang hadir di antaranya Kepala Bidang Dishub Andi Asminullah, dan Pemilik Balla Kanre Jawa Haji Irman Ismail.