19 June 2017 16:29 WITA

Penyerang Jemaah Tarawih di London: Saya Ingin Bunuh Semua Muslim

Editor: Suriawati
Penyerang Jemaah Tarawih di London: Saya Ingin Bunuh Semua Muslim
Saksi, Saksi Saleh Alamoudi

RAKYATKU.COM - Satu orang tewas dan 10 lainnya terluka setelah pengendara van menabrak jemaah yang baru melaksanakan shalat tarawih di masjid dekat Finsbury Park, London.

Setelah kejadian tersebut, seorang saksi mata menceritakan bahwa ia mendengar pelaku berteriak, "saya ingin membunuh semua muslim."

BACA JUGA:

Abdulrahman Saleh Alamoudi mengatakan bahwa dia berada di antara sekelompok orang yang membantu seorang jemaah tua yang terjatuh, saat van membelok ke arah mereka.

Berbicara kepada BuzzFeed News, Abdulrahman mengatakan bahwa "dia berteriak, dia mengatakan, 'Saya akan membunuh semua Muslim, saya akan membunuh semua Muslim."

"Lalu kami berhasil menghempaskannya ke lantai, lalu dia berkata, 'Bunuh saya, bunuh saya', saya mengatakan, 'kami tidak akan membunuhmu. Mengapa kamu melakukan itu?." Tapi, Abdulrahman mengatakan bahwa pria itu tidak mengatakan apapun.

Dia juga mengklaim bahwa mereka harus menahan tersangka di lapangan sekitar setengah jam sebelum polisi tiba di lokasi.

Pria tersebut dikabarkan tidak bertindak sendirian. Saksi lain mengatakan pada The Guardian bahwa ia melihat tiga orang di dalam mobil. Namun dua lainnya berhasil melarikan diri.

Hampir lima jam setelah insiden itu dilaporkan, Perdana Menteri Inggris, Theresa May memastikan bahwa dia menangani insiden tersebut sebagai serangan teroris.

Polisi Metropolitan mengkonfirmasi bahwa sopir van berusia 48 tahun tersebut sekarang telah ditahan oleh polisi.