18 June 2017 14:50 WITA

Peredaran Makanan Ini Ditarik karena Mengandung Babi

Editor: Almaliki
Peredaran Makanan Ini Ditarik karena Mengandung Babi

RAKYATKU.COM - Badan Pengawasan Obat dan Makanan (B-POM) baru-baru ini mengambil sampel dan menguji beberapa produk mi instan asal Korea. Hasilnya, beberapa produk menunjukkan positif (+) terdeteksi mengandung DNA babi.

Produk tersebut ada empat macam dan disebar oleh PT. Koin Bumi sebagai importir, yakni produk Samyang Mi Instan U-Dong, produk Nongshim Mi Instan (Shim Ramyun Black), produk Samyang Mi Instan Rasa Kimchi dan Ottogi Mi Instan (Yeul Ramen).

Keempat produk itu juga tidak mencantumkan peringatan “MENGANDUNG BABI”. Kedua, importir tidak menginformasikan kepada Badan POM saat pendaftaran untuk mendapatkan izin edar. Sebab itu, empat produk itu ditarik dari peredaran.

Asal tahu saja, dalam peraturan Kepala Badan POM Nomor 12 Tahun 2016, dinyatakan bahwa pangan olahan yang mengandung bahan tertentu, yang berasal dari babi harus mencantumkan tanda khusus berupa tulisan “MENGANDUNG BABI” dan gambar babi berwarna merah dalam kotak berwarna merah, di atas dasar warna putih.

Selain itu, aturannya yakni memisahkan produk pajangan yang mengandung babi dan tidak, di sarana ritel. Kedua, pengambilan contoh dan pengujian terhadap parameter DNA spesifik babi.

Dilansir dari situs resmi B-POM, mereka terus mengimbau pelaku usaha agar selalu menaati peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam menjalankan usahanya. Selain itu, masyarakat diharapkan dapat berpartisipasi aktif dengan melaporkan apabila ditemukan kecurigaan ihwal peredaran obat dan makanan.

Tags