12 June 2017 15:05 WITA

Prilaku BAB Sembarangan Warga Barru Diminta Dihilangkan

Editor: Adil Patawai Anar
Prilaku BAB Sembarangan Warga Barru Diminta Dihilangkan
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM, BARRU - Pelaksana Tugas Bupati Barru, Suardi Saleh memimpin 
Deklarasi Desa/Kelurahan Open  Defecation Free (ODF) 2018 atau Stop Buang Air Besar Sembarang (Stop BABS). Kegiatan ini digelar di Ruang Pola Colliq Pujie, Kantor Bupati Barru, Senin (12/6/2017).

Suardi Saleh dalam sambutannya menjelaskan, deklarasi ini sebagai simbol bagaimana desa dan kelurahan yang dinyatakan bebas dari perilaku buang air besar sembarangan. Sehingga warga Desa merasa nyaman menuju Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS).

"Deklarasi Desa adalah Stop BABS sebagai wujud pernyataan desa/kelurahan yang telah bersungguh-sungguh melaksanakan Community Led Total Sanitation (CLTS) sehingga memastikan diri bahwa desa/kelurahan telah terbebas dari kebiasaan buang air besar disembarang tempat," katanya.

Sementara Dandim 1405/ Mallusetasi,  Letkol Czi Drs. Syarifuddin Sara menyatakan kesiapannya bersinergi bersama pemerintah daerah dalam pencapaian ODF.

"Intinya bahwa Kami dari TNI siap berpartisipasi bersama pemerintah daerah dan masyarakat untuk mendorong dalam pencapaian ODF, dan kalau bisa akhir 2017 seluruh desa/kelurahan sudah ODF semua," tegas dia.

Sekedar diketahui di Kabupaten Barru telah ada 9 desa/ kelurahan yang sudah ODF 2017. Diantaranya Desa Tompo, Desa Galung, Desa Anabanua, Desa Palakka/Puskesmas Palakka, Desa Binuang. Desa Manuba. Desa Paccekke, Desa Siawung,  Desa Gattareng, Kelurahan Lalolang, Kelurahan Kiru Kiru, Kelurahan Tuwung dan  Kelurahan Bojo Baru.