Sabtu, 10 Juni 2017 14:38 WITA

Ratusan Kilometer Jalan Nasional Di Sulsel Rusak Parah

Penulis: Azwar Basir
Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Ratusan Kilometer Jalan Nasional Di Sulsel Rusak Parah
ilustrasi. int.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah XIII, mengungkapkan, sepanjang 226 kilometer jalan nasional di Sulsel masih dalam kondisi rusak parah. 

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah XIII, Bastian Sodunggaron Sihombing mengatakan, jalanan tersebut sangat tidak layak dijadikan sebagai jalanan Nasional. 

Dari total 1.750 kilometer Jalan Nasional di Sulawesi Selatan, 226 kilometer diantaranya dinyatakan tidak layak, 312 kilometer masih di bawah standar, yang artinya masih tidak terlalu parah kerusakannya, dan selebihnya dinyatakan baik.

"Jalanan yang dinyatakan tidak layak menjadi Jalan Nasional itu karena jalanan tersebut kerusakannya sangat parah dan sudah tidak bisa lagi kalau cuma di tambal harus direkonstruksi," ujar Bastian, Jumat (8/6/2017). 

Ia menambahkan, jalanan di setiap kabupaten/kota dipastikan memiliki lubang, ada lubang yang parah adapula lubang yang harus ditambal secepatnya karena tidak terlalu parah.

loading...

"Untuk yang jalan yang sangat berlubang perlu direkonstruksi. Hampir semua ruas jalan ada pengerjaan lubang, dan di semua kabupaten dipastikan ada. Untuk jalan yang tidak dapat direkonstruksi, akan kita tambal dulu," ucapnya. 

Untuk perbaikan Jalan Nasional di Sulsel, diakui Bastian tidak dapat direalisasikan 100 persen di tahun 2017. Maksimal pencapaia perbaikan tersebut hanya  94 persen, yakni sekitar 18 hingga 20 paket perbaikan jalan yang akan dituntaskan.

"Kita perlu waktu untuk menyelesaikan sampai 100 persen jalan nasional dengan kondisi yang sangat parah, dan tidak layak untuk dikatakan jalan nasional," tutupnya.

Loading...
Loading...