10 June 2017 02:00 WITA

Curhatan Ketua BKPRMI Ihwal Insentif Guru Mengaji

Editor: Almaliki
Curhatan Ketua BKPRMI Ihwal Insentif Guru Mengaji

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, Pemkot Makassar melalui Kabag Kesra setiap bulan Ramadan mendata pemberian insentif guru mengaji, imam rawatib dan pemandi jenazah. Saya akan fokus untuk insentif guru mengaji.

Tahun ini Pemkot Makassar mengalokasikan anggaran sekitar Rp2,5 miliar untuk sekisar 2000 guru mengaji. Sama dengan tahun sebelumnya, 3 tahun lalu, alokasi anggaran untuk insentif guru mengaji hanya 800 juta.

Alhamdulillah, dalam kepemimpinan Pak Danny, anggarannya meningkat. Ini hasil perjuangan kami waktu menjabat Ketua Komisi D DPRD Makassar.

Saat ini, bagian Kesra sudah hampir merampungkan pendataan calon penerima insentif guru mengaji. Tetapi laporan teman-teman BKPRMI di seluruh kecamatan, pendataan yang dilakukan melalui kelurahan ternyata sebagian besar tidak mengakomodir guru mengaji BKPRMI.

Sekedar tahu saja, BKPRMI mengelola hampir 400 Taman Pendidikan Alquran (TPA) se-kota Makassar, dengan jumlah santri lebih dari 25.000 santri dan 4000 guru mengaji yang aktif membina anak-anak belajar baca Alquran dan akhlak Islam. Dengan jumlah guru mengaji sebanyak ini, ternyata hanya diakomodir sebagian kecil saja.

Kami, BKPRMI, sejak awal mengawal dan memperjuangkan adanya penambahan alokasi insentif guru mengaji. Apalagi dengan perjuangan kami membuat Perda Pendidikan Baca Tulis Alquran yang memang bertujuan mendorong perhatian pemerintah terhadap kesejahteraan guru mengaji di Kota Makassar. 

Saya berharap Bagian Kesra Pemkot Makassar dan pihak kelurahan memberikan perhatian serius masalah pendataan penerima insentif guru mengaji ini, agar betul-betul tepat sasaran dan tidak mengabaikan keberadaan guru mengaji binaan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI).

Guru mengaji ini tidak mengajar mengaji untuk dibayar. Mereka ikhlas Lillahi Ta’ala. Jasa mereka dalam mendidik anak-anak bisa baca Alquran sangat tidak sebanding dengan nilai insentif. Saya tahu betul itu, karena saya juga guru mengaji...

Wassalamu Alaikum 

Masjidil Haram Makkah Almukarramah, 

9 Juni 2017


MUDZAKKIR ALI DJAMIL

Ketua BKPRMI Kota Makassar/Ketua Fraksi PKS DPRD Makassar