Rabu, 31 Mei 2017 12:06 WITA

60 Guru di Gowa Ikuti Seleksi dan Pembimbingan

Editor: Fathul Khair Akmal
60 Guru di Gowa Ikuti Seleksi dan Pembimbingan
Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni (kanan)

RAKYATKU.COM, GOWA - Sebanyak 60 orang tenaga pendidik mengikuti Seleksi dan Pembimbingan Guru, bagi kepala sekolah, dan pengawas sekolah berprestasi jenjang Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) tingkat Kabupaten Gowa Tahun 2017, Rabu (31/5/2017).

Seleksi dan pembimbingan ini, berlangsung di BPPAUD dan Dikmas Sulsel, Jalan Adhyaksa Makassar. Wakil Bupati Kabupaten Gowa, H Abd Rauf Malaganni, didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa, H Salam.

Di hadapan para kepala sekolah, Abd Rauf mengatakan, seiring dengan kebijaksanaan pembangunan, yang meletakkan pengembangan SDM sebagai prioritas pembangunan nasional, maka kedudukan guru semakin strategis dalam mempersiapkan SDM yang berkualitas dalam menghadapi era global.

"Pendidikan merupakan sektor yang sangat menentukan kualitas suatu bangsa. Kegagalan pendidikan, berimplikasi terhadap gagalnya suatu bangsa. Saat ini, dunia pendidikan kita berada dalam situasi kritis. Fakta menunjukkan, bahwa kualitas pendidikan nasional masih rendah dan jauh ketinggalan, dibandingkan dengan negara-negara lain," jelas Abd Rauf.

Lebih lanjut, mantan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkab Gowa ini mengatakan, pemilihan guru berprestasi ini dimaksudkan untuk mendorong motivasi, dedikasi, loyalitas, dan profesionalisme.

"Guru merupakan komponen yang penting dalam meningkatkan mutu pendidikan. Sehingga tercipta proses dan hasil pendidikan yang berkualitas, sehingga perlu diadakan pemilihan seperti ini," tambahnya.

Melalui seleksi dan pembimbingan ini, ia berharap, para guru memiliki persepsi yang sama terhadap pengembangan Gowa sebagai Kabupaten Pendidikan. 

"Dengan persepsi yang sama, maka akan terwujud kesamaan gerak dan langkah, dalam bingkai kebersamaan. Kebersamaan tersebut, menjadi kunci dari keberhasilan dalam memenuhi seluruh indikator kabupaten pendidikan," harap Abd Rauf.

Sementara itu, ketua panitia kegiatan, Syarifuddin Kulle mengatakan, diharapkan dalam pelaksanaan seleksi dan pembimbingan ini, mampu menghasilkan guru dan kepala sekolah berprestasi, dan berdedikasi terhadap Kabupaten Gowa.

"Terpilihnya pemenang I, II, dan III tingkat guru, kepala sekolah dan pengawas, yang selanjutnya bagi pemenang pertama akan mewakili Kabupaten Gowa untuk mengikuti seleksi tingkat Provinsi Sulawesi Selatan," demikian Abdul Rauf Malaganni.