20 May 2017 16:52 WITA

Presiden Trump Tiba di Arab Saudi

Editor: Suriawati
Presiden Trump Tiba di Arab Saudi
Trump dan istri, berserta rombongan toba di Riyadh - Foto: AP

RAKYATKU.COM - Presiden AS Donald Trump telah mendarat di Arab Saudi, pada hari Sabtu (20/05). Ini merupakan persinggahan pertamanya untuk kunjungan internasional pertamanya sejak menjabat.

Melangkah keluar dari Air Force One, Trump bersama istrinya, Melania dan rombongannya mendapat sambutan dari Raja Saudi, Salman bin Abdul Aziz.

Menurut Reuters, setelah perjamuan kerajaan, Trump dan Raja Salman mengadakan pembicaraan pribadi dan berpartisipasi dalam sebuah upacara penandatanganan untuk sejumlah kesepakatan AS-Saudi, termasuk kesepakatan jual beli senjata senilai $100 miliar (Rp1.333 triliun).

BACA JUGA: AS Akan Pasok Senjata Senilai Rp1.333 Triliun untuk Arab Saudi

Aramco, perusahaan minyak raksasa Saudi juga diperkirakan akan menandatangani kesepakatan senilai $50 miliar (Rp666 triliun) dengan perusahaan AS.

Selanjutnya, pada hari Minggu, Trump akan menyampaikan pidato untuk mengajak umat Islam berperang melawan militan Islam di Riyadh. Dia juga akan menghadiri pertemuan dengan para pemimpin Teluk.

Donald Trump akan berada di luar negeri selama sembilan hari. Setelah Arab Saudi, Ia dijadwalkan akan singgah di Israel, Italia dan Belgia.

Gedung Putih mengatakan, perjalanan ini merupakan kesempatan bagi Trump untuk mengunjungi tempat-tempat suci untuk tiga agama besar di dunia. Ini juga akan memberikan kesempatan pada Trump untuk bertemu dengan para pemimpin Arab, Israel dan Eropa.