20 May 2017 16:35 WITA

Angkatan Laut Cina dan Myanmar Gelar Latihan Militer Bersama

Editor: Suriawati
Angkatan Laut Cina dan Myanmar Gelar Latihan Militer Bersama
Foto: Gulf Today

RAKYATKU.COM - Angkatan Laut Cina dan Myanmar menggelar latihan militer gabungan, yang mencakup upaya pencarian dan penyelamatan.

Kementerian Pertahanan Cina mengatakan pada hari Sabtu (20/05) bahwa Kapal Angkatan Laut Cina telah tiba di Myanmar pada hari Kamis. Mereka akan tinggal di sana selama empat hari.

BACA JUGA: Presiden Cina Tawarkan Bantuan untuk Proses Perdamaian Myanmar

Juru bicara kementerian, Wu Qian mengatakan bahwa Cina bersedia untuk memperkuat komunikasi strategis dan memperdalam kerjasama dengan Myanmar, sambil melakukan upaya untuk menjaga perdamaian dan stabilitas regional dan mempromosikan hubungan bilateral.

Latihan bersama ini dilakukan setelah Cina dan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara menyetujui kerangka kerja untuk kode etik yang diperdebatkan untuk Laut Cina Selatan yang disengketakan banyak negara Asia.

Itu terjadi setelah Presiden Cina, Xi Jinping bertemu dengan peraih Nobel Aung San Suu Kyi, yang menjabat pemimpin de facto Myanmar, di Beijing awal pekan ini, setelah KTT Jalur Sutra.

Cina memiliki hubungan dekat dengan mantan pemerintah militer Myanmar, dan dengan hati-hati mengawasi proses demokratisasi di tetangganya tersebut.

- Reuters