20 May 2017 12:51 WITA

2019, Sistem Seleksi Terbuka JPT Akan Ditinggalkan

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
2019, Sistem Seleksi Terbuka JPT Akan Ditinggalkan
ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) atau biasa diistilahkan dengan lelang jabatan akan ditinggalkan pada 2019 mendatang. 

Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara, Revormasi dan Birokrasi (PAN-RB), Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, seleksi terbuka JPT itu nantinya akan diganti dengan sistem Merit.

“Pada tahap pertama, kita ingin mewujudkan sistem Merit tercapai di akhir 2018.  Apa yang sekarang dilakukan dengan istilah open bidding atau seleksi terbuka akan segera kita tinggalkan ketika sistem Merit  sudah berjalan,” ujarnya.

Sistem Merit ini dikatakan sangat sederhana, dengan melihat kualifikasi, kompetensi dan kinerja, dalam berbagai aspek mulai dari perencanaan, pengadaan sampai pemberhentian ASN. 

"Jadi seseorang yang akan menduduki suatu jabatan, syaratnya memenuhi kualifikasi, kompetensi dan kinerja dan kita targetkan akhir 2018 sudah tercapai," jelasnya.

Ia mengakui dalam mengisi jabatan tinggi saat ini, masih sering terjadi benturan-benturan yang sangat kuat karena berbagai kepentingan. Tetapi jika sistem Merit ini sudah berjalan, pengawasan sudah baik, sistim informasi sudah baik, Setiawan optimis hal itu tidak akan terjadi lagi.

"Untuk membangun sistem ini, kita harus membangun aturannya, dan dalam pelaksanaan harus tertib. Sehingga tidak ada lagi alasan-alasan yang tidak semestinya melakukan pergantian pejabat tanpa sebab. Apabila sistem Merit ini sudah berjalan dengan baik, maka hal ini bisa dipandang sebagai kapital bangsa ini, sebagaimana yang terjadi di negara-negara yang sudah maju pun bahwa birokrasi dipandang sebagai modal untuk kemajuan bangsanya," pungkasnya.