20 May 2017 12:31 WITA

Ratusan Mahasiswa di Toraja Peringati Hari Kebangkitan Nasional

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Ratusan Mahasiswa di Toraja Peringati Hari Kebangkitan Nasional

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Ratusan mahasiswa di Tana Toraja yang tergabung dalam aliansi gerakan masyarakat peduli Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) menggelar deklarasi kebangsaan memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas), Sabtu (20/5/3017).

Selain melakukan orasi kebangsaan secara bergantian, aksi damai yang digelar mahasiswa dari Akper Toraya, STAKEN, UKI Toraja di Taman Rakyat Makale ini menjadi tempat mengumandangkan lagu lagu Nasional. Mahasiswa juga membawa poster dan spanduk serta bendera mengibarkan bendera Indonesia.

Massa juga Mengajak pemuda dan mahasiswa untuk bersama membangun gotong royong, menjadi garda terdepan dalam memperjuangkan NKRI dan sekaligus menjadi terdepan dalam menumbuhkan semangat nasionalisme serta membangun kerukunan yang harmonis antar sesama mahasiswa dan masyarakat Toraja.

Aksi damai ini berlangsung tertib dan diakhiri dengan menggelar doa bersama untuk keutuhan bangsa. Aksi ini mendapat pengawalan dari polres Tana Toraja.

Menurut Restu yang merupakan anggota GMKI Toraja, sebagai warga negara yang baik, sudah sepantasnya menjunjung tinggi pancasila, dan kebhinekaan yang ada di bangsa ini. Untuk itu, atas nama pemuda dan masyarakat Toraja mendeklarasikan NKRI harga mati.

"Perbedaan agama, suku dan ras bukanlah menjadi suatu pemecah tapi hendaknya dijadikan sebagai kekuatan bangsa Indonesia," kata Restu.

Sementara itu, anggota PMKRI, Andi Salu Padang mengatakan setia kepada bangsa dan negara adalah harga mati. Apabila ada kelompok yang mencoba menebarkan benih bibit kebencian dan intoleran di Tana Toraja, diminta segera angkat kaki dari bumi Lakipadada